Pengaruh APVABEL (Aplikasi Canva Pembelajaran) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII di SMPN 2 Cicurug

Authors

  • Abduloh Yusup Yusup Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Isma Nastiti Maharani universitas muhammadiyah sukabumi
  • Dadan Rahmat universitas muhammadiyah sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.37150/jut.v10i1.2660

Keywords:

media aplikasi canva, hasil belajar TIK, sekolah menengah pertama

Abstract

Abstrak:  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh apvabel (aplikasi canva pembelajaran) dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di SMPN 2 Cicurug. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) Model John Elliott. Melalui 3 Siklus Mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan refleksi. Partisipan penelitian adalah siswa kelas VII-B yang berjumlah 29 siswa. Alat pengumpulan data menggunakan Tes dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukan nilai hasil belajar siswa pada kegiatan pra siklus memperoleh persentase rata-rata 31,03% dengan kategori rendah, pada siklus I memperoleh persentase rata-rata 37,93% dengan kategori rendah, kemudian pada siklus II memperoleh peresentase rata-rata 58,62% dengan kategori sedang, dan dilanjutkan pada siklus III memperoleh peresentase rata-rata 79,31% dengan kategori baik. Data tersebut menunjukan bahwa pengaruh penggunaan media Aplikasi Canva dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas VII di SMPN 2 Cicurug tahun ajaran 2023/2024

Kata Kunci : Media Aplikasi Canva, Hasil Belajar TIK, Sekolah Menengah Pertama

References

Kusrianto, A. (2013). Business Presentation.Elex Media 1092 Komputindo. Elex Media 1092 Komputindo Kompas.Gramedia.

Monoarfa, M., & Haling, A. (2021).Pengembangan Media Pembelajaran Canva dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. Seminar Nasional Hasil Pengabdian , 1–7.

Munir. (2013). Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Alfabeta.

Ramli, M. (2012). Media Teknlogi Pembelajaran. IAIN Antasari Press, 1–3.

Rusman. (2013). Model-model Pembelajaran.Rajagrapindo Persada.

Syarif Hidayatullah. (2021). Teknologi Informasi Dan Komunikasi. TareBooks.

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. VoteTEKNIKA: Jurnal Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika, (Online), Vol.7 No.2. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/voteknika/article/view/104261,

Zaenal Aqib. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Yrama Widya

Downloads

Published

2024-06-30
Abstract viewed = 26 times