Minat Siswa untuk Melakukan Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi COVID-19 di SMAN 1 Payakumbuh
DOI:
https://doi.org/10.37150/jut.v9i2.2336Keywords:
Minat Siswa, Pembelajaran Daring, Pandemi COVID-19Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan minat siswa untuk melakukan pembelajaran daring berdasarkan faktor-faktor yang mempengaruhinya pada siswa kelas X dan XI SMAN 1 Payakumbuh tahun ajaran 2020/2021 pada masa pandemi COVID-19 (Corona Virus Disease-19). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini berjumlah 794 orang siswa, terdiri dari 410 orang siswa kelas X dan 384 orang siswa kelas XI. Teknik penarikan sampel menggunakan sampel acak berstrata proporsional (proportional stratified random sampling) dengan batas toleransi kesalahan (error tollerance) 10%, setelah dilakukan pembulatan maka sampel penelitian ini berjumlah 90 orang siswa, sampel tersebut terdiri dari 46 orang siswa strata kelas X dan 44 orang siswa strata kelas XI. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner tertutup. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, besaran persentase minat siswa untuk melakukan pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19 di SMAN 1 Payakumbuh adalah 63,67%. Berdasarkan persentase tersebut, maka minat siswa berada pada kategori tinggi.
References
Aryadi, D. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar, Perhatian Orang Tua, Dan Kebugaran Jasmani Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi, 4(1), 52–62.
Badwi, A. (2018). Pengaruh Bakat dalam Pencapaian Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam Ash-Shahabah, 4(2), 204–208.
Baety, D. N., & Munandar, D. R. (2021). Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring Dalam Menghadapi Wabah Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 880–989. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/476
Bete, D. E. M. T. (2021). Efektivitas Penerapan Video Based Learning di Masa Pandemik Covid-19 pada Pembelajaran Penjas di Sekolah Dasar. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 5(1), 51–61. https://doi.org/10.31539/jpjo.v5i1.2911
Bile, R. L., & Tapo, Y. B. O. (2021). Pelatihan Program Olahraga Kesehatan Untuk Pemeliharaan Kebugaran Jasmani Siswa Sma Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 2(1), 41–49. https://doi.org/10.38048/jailcb.v2i1. 187
Budiwanto, S. (2017). Metodologi Penelitian dalam Keolahragaan. Penerbit dan Percetakan Universitas Negeri Malang.
Darni, Eldawaty, & Edwarsyah. (2018). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Masase Dasar Mahasiswa FIK UNP. Jurnal MensSana, 3(1), 10–18. https://doi.org/10.24036/jm.v3i1.62
Estikasari, P., & Pudjiati, S. R. R. (2021). Gambaran Psikologis Remaja Selama Sekolah Dari Rumah Akibat Pandemi Covid-19. Psikobuletin:Buletin Ilmiah Psikologi, 2(1), 23. https://doi.org/10.24014/pib.v2i1.11750
Hidayat, Y., & Hambali, S. (2019). Peranan Ekstrakurikuler Olahraga terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Jurnal Olahraga, 5(1), 59–65. https://doi.org/10.37742/jo.v5i1.95
Imani, A. T., & Raharjo, H. P. (2021). Minat Dan Aktivitas Gerak Siswa SMP N 2 Kandangan Dalam Pembelajaran Penjas Daring Pada Masa Pandemic Covid-19. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 2(2), 465–470.
Islamiati, T. A., Indrayogi, & Budiman, I. A. (2021). Hubungan Penerapan Pola Hidup Sehat dengan Kebugaran Jasmani Anak Usia Sekolah pada saat Pandemi COVID-19. Prosiding Seminar Nasional …,356–360. https://mail.prosiding.unma.ac.id/in dex.php/semnasfkip/article/view/622%0Ahttps://mail.prosiding.unma.ac .id/index.php/semnasfkip/article/download/622/506
Karina, R. M., Syafrina, A., & Habibah, S. (2017). Hubungan Antara Minat Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPA Pada Kelas V SD Negeri Gatot Geuceu Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 61–77.
Khairiah, D. (2018). Perkembangan Fisik, Intelegensi, Emosi dan Bahasa AUD. Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 1(1), 1–17.
Kurnia, D., & Septiana, R. A. (2020). Implementasi Permainan Kecil sebagai Bentuk Pemanasan
Terhadap Minat Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasamani.Physical Activity Journal (PAJU), 2(1), 90–99. https://doi.org/10.20884/1.paju.2020.2.1.3302
Luthfi, M. A., & Pitnawati. (2019). Pengetahuan Siswa Tentang Kesehatan Pribadi Kelas V Sekolah Dasar Negeri 14 Olo Padang Barat.Jurnal Pendidikan Dan Olahraga
(JPO), 2(2), 1–5. http://jpdo.ppj.unp.ac.id/index.php/jpdo/article/view/178
Mukhtar, A., & Luqman, M. (2020). Pengaruh Kompetensi Guru terhadap Kinerja Guru dan Prestasi Belajar Siswa di Kota Makassar. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 1–15.
https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i1.13899
Mulyani, E. R., Masrul, masrul, & Astuti, astuti. (2021). Analisis Perhatian Orang Tua terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 261–266. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/942
Na’im, Z., & Ahsani, E. L. F. (2021). Peran Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring. Pedagogika, 12(1), 32–52. https://doi.org/10.37411/pedagogika
.v12i1.621
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Putri, A. P. K., & Septiawan, A. (2020). Manajemen Kecemasan Masyarakat dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Academica : Journal of Multidisciplinary Studies, 4(2), 199–
https://doi.org/10.22515/academica.v4i2.3168
Putriana, C., & Noor, N. L. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa. MATHLOCUS: Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Matematika, 2(1), 1–6. https://jom.untidar.ac.id/index.php/mathlocus/issue/archive
Rochman, B., Indahwati, N., & Priambodo, A. (2020). Identifikasi Keterlaksanaan Pembelajaran PJOK Tingkat SMP Di Masa Pandemi Covid 19 Se-Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 257–265. https://doi.org/10.58258/jime.v6i1.1343
Sari, P., Bulantika, S. Z., Utami, F. P., & Kholidin, F. I. (2020). Pengaruh Manajemen Stress dan Kelola Emosi Terhadap Tingkat Kecemasan Siswa di Masa New Normal. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 2(2), 62–67. https://doi.org/10.51214/bocp.v2i2.44
Sumakul, Y., & Ruata, S. (2020). Kesejahteraan Psikologis Dalam Masa Pandemi Covid-19. Journal of Psychology “Humanlight,” 1(1), 1–7.https://doi.org/10.51667/jph.v1i1.302 Yasa, K. E. S., Adi, I. P. P., & Spyanawati, N. L. P. (2021). Minat Peserta Didik dalam Mengikuti Pembelajaran PJOK di Masa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Sport & Tourism, 2(2), 32–37. https://doi.org/10.23887/ijst.v2i2.34855
Yaslindo, Zarwan, Suwirman, & Rasyid, W. (2019). Partisipasi Orang Tua dalam Menunjang Kegiatan Ekstrakurikuler di SMP Negeri 30 Solok Selatan. Jurnal MensSana, 4(2), 140–147.