Penerapan Media Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Kelas X SMK Negeri Pertanian 1 Sukaraja

Authors

  • suntory ummar Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.37150/jut.v9i2.2235

Keywords:

Media Video, Minat belajar

Abstract

Media video merupakan salah satu jenis media audio visual. Media audio visual adalah media yang mengandalkan indera pendengaran dan indera penglihatan. Media audio visual merupakan salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran menyimak. Media ini dapat menambah minat siswa dalam belajar karena siswa dapat menyimak sekaligus melihat gambar. video merupakan salah satu jenis media audio-visual dan dapat menggambarkan suatu objek yang bergerak bersama-sama dengan suara alamiah atau suara yang sesuai. Video menyajikan informasi, memaparkan proses, menjelaskan konsep yang rumit, mengajarkan keterampilan, menyingkat atau memperpanjang waktu, dan mempengaruhi sikap. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penggunaan video pembelajaran dapat menjadi strategi yang efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa. Dengan memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran, video pembelajaran mampu memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dan mendukung pemahaman siswa terhadap materi.

References

Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2009). The Systematic Design of Instruction. Pearson. Jonassen, D. H. (2009). Learning to Solve Problems with Technology: A Constructivist Perspective. Pearson.

Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning. Cambridge University Press.

Kozma, R. B. (2010). Learning with Media: A Cognitive Perspective. Cambridge University Press.

Mautone, P. D., Jr., & Mayer, R. E. (2001). Signaling as a Cognitive Guide in Multimedia Learning. Journal of Educational Psychology, 93(2), 377-389.

Clark, R. C., & Mayer, R. E. (2007). E-Learning and the Science of Instruction: Proven Guidelines for Consumers and Designers of Multimedia Learning. Pfeiffer.

Moreno, R. (2007). Optimizing Learning from Animations by Minimizing Cognitive Load: Cognitive and Affective Consequences of Signaling and Segmentation Methods. Applied Cognitive Psychology, 21(6), 765-781.

Guo, P. J., Kim, J., & Rubin, R. (2014). How Video Production Affects Student Engagement: An Empirical Study of MOOC Videos. ACM SIGCSE.

Kay, R. (2012). Exploring the Use of Video Podcasts in Education: A Comprehensive Review of the Literature. Computers in Human Behavior, 28(3), 20-831.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Downloads

Published

2023-12-28
Abstract viewed = 1148 times