Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Flash Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Perangkat Keras Komputer Di Kelas 7a SMP Negeri 2 Jampangkulon

Authors

  • Sobari Sobari Ayah

DOI:

https://doi.org/10.37150/jut.v9i2.2169

Keywords:

Media Pembelaran Interaktif Berbasis Flash, Hasil Belajar, Perangkat Keras Komputer

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan media pembelajaran interaktif berbasis flash terhadap hasil belajar siswa. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart dengan 2 siklus yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas 7A SMPN 2 Jampangkulon dengan jumlah siswa 30 orang. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data berupa tes, lembar pengamatan, dan angket. Hasil menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar dari nilai rata-rata pra siklus sebesar 65,83 menjadi 76,33 pada siklus 1, kemudian meningkat menjadi 85,83 pada siklus 2. Selain itu tingkat ketuntasan nilai pada pra siklus sebesar 33,3 % atau 10 orang, meningkat menjadi 63% atau sebanyak 19 orang pada siklus 1, dan meningkat kembali menjadi 100%  atau 30 orang pada siklus 2. Hasil ini menunjukan bahwa penerapan media pembelajaran interaktif berbasis flash pada pembelajaran Informatika materi Perangkat Keras Komputer di Kelas 7A SMPN 2 Jampangkulon dapat dikatakan sesuai.

References

Arikunto, Suharsimi. Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi 3. Bumi Aksara, 2021.

Arsyad Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sudjana, Nana. 2010. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Zainal Aqib. 2016. Penilitian Tindakan Kelas Beserta Sistematika Proposal dan Laporannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Seny Luhriyani & Abdul Wahid. 2022. Mudah Membuat Animasi Dengan Flash. Purbalingga: Eureka Media Aksara.

Djemarin Mardapi. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes & Non Tes. Yogyakata: Mitra Cendekia.

Ridwan Sanjaya. (2006), Flash 8 untuk Pemula. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Arda, dkk. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer Untuk Siswa SMP Kelas VIII. e-Jurnal Mitra Sains, 3 (1). 69-77.

Sri Mureiningsih, Endang (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Multimedia Interaktif. Jurnal Madaniyah, 1(7). 2014-229.

Rini , Wety Setia. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Media Pembelajaran Interaktif Pada Materi Trigonometri. Jurnal Pendidikan Binaniaga, 01(01). 13-20.

Utami, Adining Tyas. (2019). Penggunaan

Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Kecelakaan Keselamatan Kerja. Journal of Education Action Research. 3(4). 247-432.

Arda, dkk. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer Untuk Siswa SMP Kelas VIII. e-Jurnal Mitra Sains, 3 (1). 69-77.

Sugiyono. 2013. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, R dan D. Bandung: Alfabeta.

Wigita Rezky Widjayanti, Titin Masfingatin, & Reza Kusuma Setyansah. (2019) Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Animasi Pada Materi Statistika Untuk Siswa Kelas 7 SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1). 101-112.

Musfiroh, T., Manan, A., & Aprilianto, D. (2020). Pengaruh Multimedia Interaktif Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pelajaran PAI. Sawabiq: Jurnal Keislaman, 1(1), 15–30.

Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review: Jurnal panajemen pendidikan dan pelatihan, 3(1), 45-56.

Sutono. 2010. Perangkat keras komputer dan tools pendukungnya. Bandung:Modula.

Mar’atush Sholichah Muntaha Rahmi, M. Arif Budiman, & Ari Widyaningrum. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku. International Journal of Elementary Education. 3(2). 178-185.

Intan Pulungan. (2017). Ensiklopedi Pendidikan. Medan: Media Persada

Rudi Susilana & Cepi Riyana. (2012). Media Pembelajaran. Bandung : CV Wacana Prima Wardani.

Sari, P. (2017). Politeknik Negeri Sriwijaya 4. Pembangkitan Energi Listrik, 7(1), 4–31.

Nugroho, F., & Ali, H. (2022). Determinasi Simrs: Hardware, Software Dan Brainware. 3(1),.

Lestari, R. (2014). Pengembangan media pembelajaran pembelahan sel dengan menggunakan Macromedia Flash untuk Kelas XII SMA. Edu Research, 3(2). 133-138.

Downloads

Published

2023-12-28
Abstract viewed = 430 times