A Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris Anak Usia Dini Melalui Lagu "Hello,Hello"

Authors

  • Marsha Angelica Indonesia University of Education

DOI:

https://doi.org/10.37150/jut.v9i1.1839

Keywords:

anak usia dini

Abstract

Abstrak: Bahasa merupakan salah satu alat komunikasi yang luar biasa. Anak dapat mengungkapkan pikiran dan perasaan anak melalui bahasa. Bahasa dapat diekspresikan melalui beragam bentuk, dari bicara, tulisan, dan gerakan tubuh. Kemampuan berbahasa merupakan kemampuan vital yang harus dikembangkan sejak usia dini karena memiliki peran vital dalam proses sosialisasi anak. Selain memiliki kemampuan berbahasa Indonesia, penting untuk memperkenalkan bahasa asing kepada anak, salah satunya adalah bahasa Inggris. Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa yang umum digunakan dalam skala global. Sehingga penting untuk anak usia dini dibiasakan dengan bahasa Inggris dalam proses sosialisasinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengenalkan bahasa Inggris pada anak usia dini yang pada pembelajarannya perlu didukung oleh sarana dan prasarana yang tepat. Guru sebagai tenaga pendidik adalah komponen penting pada proses pembelajaran anak usia dini, karena itu sangat penting bagi guru untuk dapat mengerti pola berpikir anak. Dalam penulisan, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik analisis deskriptif dengan kajian literatur. Metode ini merupakan penelitian yang mencoba menggambarkan hubungan antara lagu “Hello Hello” dengan proses stimulasi perkembangan bahasa inggris anak usia dini yang saling berkaitan. Salah satu media pembelajaran yang dapat mendukung pembelajaran bahasa inggris yang bermakna dan menyenangkan adalah metode bernyanyi. Tulisan ini akan membahas pembelajaran bahasa inggris bagi AUD secara umum dan belajar melalui nyanyian secara khusus. Hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran pada anak usia dini hendaknya dikelola dengan optimal agar kegiatan belajar mengajar menjadi bermakna dan menyenangkan. Pembelajaran bahasa inggris yang menyenangkan akan menghindari AUD dari kejenuhan pada proses pembelajaran bahasa inggris.

Kata Kunci: pembelajaran, bahasa inggris, nyanyian, anak usia dini.

References

A.H, Charlotte. (2014). Pembelajaran bahasa Inggris

bagi Anak Usia Dini Versus Budaya Lokal.

Cakrawala Dini, 5(2), 63-72.

Cahyaninati, A.DV., & Prystiananta, N. C. (2021).

Pengaruh Metode Bernyanyi Terhadap

Perkembangan Bahasa Anak di PAUD Al-

Hidayah Sumbersari Jember. JECIE (Journal

of Early Childhood and Inclusive

Education), 3(1), 35-41.

Dini, J. P. A. U. (2022). Pengaruh Video

Pembelajaran Gerak dan Lagu untuk

Meningkatkan Fisik Motorik pada Anak Usia

Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak

Usia Dini, 6(4), 2619-2625.

Fitrianti, D., & Reza, M. (2013). Mengembangkan

kegiatan gerak dan lagu untuk meningkatkan

kemampuan motorik kasar pada anak usia 5-6

tahun. PAUD Teratai, 2(3), 1-6.

HasanahN. I., & UlyaN. (2020). STRATEGI

PENGENALAN BAHASA INGGRIS PADA

ANAK USIA DINI DI TK SANTA MARIA

BANJARMASIN . Jurnal Warna :

Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia

Dini, 5(2), 57-68. DOI:

https://doi.org/10.24903/jw.v5i2.525

Luthfillah, N., Muslihin, H. Y., & Rahman, T. (2022).

ANALISIS PENGEMBANGAN BAHASA

DAN KOGNITIF ANAK USIA DINI

MELALUI METODE BERNYANYI.

EARLY CHILDHOOD: JURNAL

PENDIDIKAN, 6(1), 1-13.

Parida, P. (2021). PENERAPAN METODE GERAK

TARI DAN LAGU DAPAT

MENINGKATKAN FISIK MOTORIK

ANAK DI TK. Jurnal Pendidikan Guru, 3(1).

Putri, Rizka Isnaaini (2018) Peningkatan penguasaan

kosakata bahasa Inggris dengan metode

bernyanyi pada kelompok B taman kanak-

kanak Anak Sholeh Sukodono Sidoarjo.

Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel

Surabaya.

Samad, F., & Tidore, N. (2015). Strategi

Pembelajaran Bahasa Inggris yang

Menyenangkan untuk Anak Usia Dini. Jurnal

Ilmiah Cahaya PAUD. 1 (2) 47-57

Shari, D., & Rihlah, J. (2019). Peningkatan

Kemampuan Motorik Kasar Melalui Gerak

Lagu Pada Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian

Pendidikan, 11(2), 1642-1645.

Sophya, Ida Vera. (2013). Pembelajaran Bahasa

Inggris Melalui Lagu Pada Anak Usia Dini.

(1), 1-21.

Tatminingsih, S., Cintasih, I. (2016). Hakikat Anak

Usia Dini. Modul 1 Dasar-Dasar Pendidikan

Anak Usia Dini. 1.1-1.31

Downloads

Published

2023-06-27
Abstract viewed = 2210 times