A Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris Anak Usia Dini Melalui Lagu "Hello,Hello"
DOI:
https://doi.org/10.37150/jut.v9i1.1839Keywords:
anak usia diniAbstract
Abstrak: Bahasa merupakan salah satu alat komunikasi yang luar biasa. Anak dapat mengungkapkan pikiran dan perasaan anak melalui bahasa. Bahasa dapat diekspresikan melalui beragam bentuk, dari bicara, tulisan, dan gerakan tubuh. Kemampuan berbahasa merupakan kemampuan vital yang harus dikembangkan sejak usia dini karena memiliki peran vital dalam proses sosialisasi anak. Selain memiliki kemampuan berbahasa Indonesia, penting untuk memperkenalkan bahasa asing kepada anak, salah satunya adalah bahasa Inggris. Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa yang umum digunakan dalam skala global. Sehingga penting untuk anak usia dini dibiasakan dengan bahasa Inggris dalam proses sosialisasinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengenalkan bahasa Inggris pada anak usia dini yang pada pembelajarannya perlu didukung oleh sarana dan prasarana yang tepat. Guru sebagai tenaga pendidik adalah komponen penting pada proses pembelajaran anak usia dini, karena itu sangat penting bagi guru untuk dapat mengerti pola berpikir anak. Dalam penulisan, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik analisis deskriptif dengan kajian literatur. Metode ini merupakan penelitian yang mencoba menggambarkan hubungan antara lagu “Hello Hello” dengan proses stimulasi perkembangan bahasa inggris anak usia dini yang saling berkaitan. Salah satu media pembelajaran yang dapat mendukung pembelajaran bahasa inggris yang bermakna dan menyenangkan adalah metode bernyanyi. Tulisan ini akan membahas pembelajaran bahasa inggris bagi AUD secara umum dan belajar melalui nyanyian secara khusus. Hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran pada anak usia dini hendaknya dikelola dengan optimal agar kegiatan belajar mengajar menjadi bermakna dan menyenangkan. Pembelajaran bahasa inggris yang menyenangkan akan menghindari AUD dari kejenuhan pada proses pembelajaran bahasa inggris.
Kata Kunci: pembelajaran, bahasa inggris, nyanyian, anak usia dini.
References
A.H, Charlotte. (2014). Pembelajaran bahasa Inggris
bagi Anak Usia Dini Versus Budaya Lokal.
Cakrawala Dini, 5(2), 63-72.
Cahyaninati, A.DV., & Prystiananta, N. C. (2021).
Pengaruh Metode Bernyanyi Terhadap
Perkembangan Bahasa Anak di PAUD Al-
Hidayah Sumbersari Jember. JECIE (Journal
of Early Childhood and Inclusive
Education), 3(1), 35-41.
Dini, J. P. A. U. (2022). Pengaruh Video
Pembelajaran Gerak dan Lagu untuk
Meningkatkan Fisik Motorik pada Anak Usia
Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak
Usia Dini, 6(4), 2619-2625.
Fitrianti, D., & Reza, M. (2013). Mengembangkan
kegiatan gerak dan lagu untuk meningkatkan
kemampuan motorik kasar pada anak usia 5-6
tahun. PAUD Teratai, 2(3), 1-6.
HasanahN. I., & UlyaN. (2020). STRATEGI
PENGENALAN BAHASA INGGRIS PADA
ANAK USIA DINI DI TK SANTA MARIA
BANJARMASIN . Jurnal Warna :
Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia
Dini, 5(2), 57-68. DOI:
https://doi.org/10.24903/jw.v5i2.525
Luthfillah, N., Muslihin, H. Y., & Rahman, T. (2022).
ANALISIS PENGEMBANGAN BAHASA
DAN KOGNITIF ANAK USIA DINI
MELALUI METODE BERNYANYI.
EARLY CHILDHOOD: JURNAL
PENDIDIKAN, 6(1), 1-13.
Parida, P. (2021). PENERAPAN METODE GERAK
TARI DAN LAGU DAPAT
MENINGKATKAN FISIK MOTORIK
ANAK DI TK. Jurnal Pendidikan Guru, 3(1).
Putri, Rizka Isnaaini (2018) Peningkatan penguasaan
kosakata bahasa Inggris dengan metode
bernyanyi pada kelompok B taman kanak-
kanak Anak Sholeh Sukodono Sidoarjo.
Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel
Surabaya.
Samad, F., & Tidore, N. (2015). Strategi
Pembelajaran Bahasa Inggris yang
Menyenangkan untuk Anak Usia Dini. Jurnal
Ilmiah Cahaya PAUD. 1 (2) 47-57
Shari, D., & Rihlah, J. (2019). Peningkatan
Kemampuan Motorik Kasar Melalui Gerak
Lagu Pada Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian
Pendidikan, 11(2), 1642-1645.
Sophya, Ida Vera. (2013). Pembelajaran Bahasa
Inggris Melalui Lagu Pada Anak Usia Dini.
(1), 1-21.
Tatminingsih, S., Cintasih, I. (2016). Hakikat Anak
Usia Dini. Modul 1 Dasar-Dasar Pendidikan
Anak Usia Dini. 1.1-1.31