Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X MIPA 3 SMA Negeri 2 Singingi
DOI:
https://doi.org/10.37150/jut.v9i1.1685Keywords:
pembelajaran kooperatif tipe think pair square, perubahan dan pelestarian lingkungan, hasil belajar biologiAbstract
Abstrak: Penerapan model pembelajaran koperatif type think pair square pada materi perubahan dan pelestarian lingkungan hidup dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X mipa 3 SMAN 2 Singingi adalah suatu penelitian tindakan kelas (PTK).Dalam penelitian tindakan kelas ini melibatkan peserta didik sebanyak 32 orang yaitu kelas X MIPA 3 SMAN 2 Singingi. Pelaksanaan penelitian ini diawali dengan test awal, kemudian dilanjutkan dengan siklus pertama dan kedua sebagai tindakan. Pada setiap siklus dilakukan beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi serta refleksi. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif meliputi pengolahan data, menyajikan data, menarik kesimpulan dan memverifikasi. Perolehan data hasil penelitian, ketuntasan belajar pada evaluasi awal yaitu 15,6%, siklus 1 sebesar 71,87% dan siklus 2 sebesar 87,50% karena kriteria ketuntasan belajar klasikal ditetapkan sebesar 75%, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe think pair square yang digunakan dalam penelitian ini dapat meningkatkan prestasi belajar biologi pada peserta didik kelas X MIPA 3 SMAN 2 Singingi.
Kata Kunci: pembelajaran kooperatif tipe think pair square, perubahan dan pelestarian lingkungan, hasil belajar biologi