Pengembangan Media Komik Digital pada Mata Pelajaran PAI untuk Kelas VIII di SMP Negeri 3 Cibeber
DOI:
https://doi.org/10.37150/jut.v9i1.1665Keywords:
Media pembelajaran, komik digital, Adobe PhotoshopAbstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media komik digital pembelajaran pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan Borg dan Gall yaitu (1) Potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi desain, (6) Uji coba produk, (7) Revisi, (8) Uji coba pemakaian/lapangan, (9) Revisi produk, dan (10) Produksi masal. Hasil penelitian uji kelayakan media pembelajaran komik digital berdasarkan penilaian: 1) Ahli Materi dengan kategori sangat layak dan 2) Ahli Media dengan kategori sangat layak, 3) Uji coba kelompok kecil dengan kategori sangat layak, 4) Uji coba kelompok besar dengan kategori Layak. Dari hasil pengembangan dihasilkan media pembelajaran komik digital dengan kategori “sangat layak”. Presentase yang diberikan oleh, ahli materi yaitu 91% dengan kategori “sangat layak”, ahli media yaitu 89% dengan kategori “sangat layak”, uji coba kelas terbatas oleh siswa yaitu 83% dengan kategori “sangat layak”, uji coba lapangan oleh siswa yaitu 86% dengan kategori “sangat layak”.
Kata Kunci: Media pembelajaran, komik digital, Adobe Photoshop
Abstract : This study aims to develop a digital comic media for learning in PAI subjects. This research is a development research that uses the Borg and Gall development model, namely (1) Potential and problems, (2) Data collection, (3) Product design, (4) Design validation, (5) Design revision, (6) Product trial , (7) Revision, (8) Use/field trial, (9) Product revision, and (10) Mass production. The results of the research on the feasibility test of digital comic learning media based on the assessment: 1) Material Experts with a very decent category and 2) Media experts with a very decent category, 3) Small group trials with very decent categories, 4) Large group trials with Eligible categories. From the results of the development, digital comic learning media was produced with the "very feasible" category. The percentage given by material experts is 91% in the "very feasible" category, media experts are 89% in the "very feasible" category, limited class trials by students are 83% in the "very feasible" category, field trials by students namely 86% with the category of "very decent".
Keywords: Learning media, digital comics, Adobe Photoshop
References
Arikunto (2021) Dasar-Dasar Evaluasi
Pendidikan Edisi 3. Jakarta : PT. Bumi
Aksara.
Astutik, A. F., & Suprijono, A. (2021).
Pengembangan Media Komik Digital
Dalam Pembelajaran Ips Sebagai
Penguatan Karakter Peserta Didik Kelas
V SDN Geluran 1 Taman. Jurnal
Education And Development, 9(3), 542-
Efendi, N. M. (2018). Revolusi pembelajaran
berbasis digital (Penggunaan
animasi digital pada start up sebagai
metode pembelajaran siswa belajar aktif).
Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, &
Antropologi, 2(2), 173-182.
Hutaepea, E ( 2019, 10 September ) 3 Hal Ini Jadi
Penyebab Rendahnya Minat
Baca Anak Indonesia. Kompas [Online],
halaman 1. Tersedia: https://
kompas.com. [10 September 2019].
Ida Bagus Made Astawa (2021) Belajar dan
Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja
Grafindo Persada
Maharani, D. A. (2017). Pengembangan Komik
Digital Sebagai Media
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial
Smp Kelas VIII Tema Perubahan
Masyarakat Pada Penjajahan
Jepang. SOCIAL STUDIES, 6(4), 394-
Mujiono dan Dimyati. (2013) Belajar dan
Pembelajaran. Jakarta : PT. Rineka
Cipta.
Nurhayati, I., Hidayat, S., & Asmawati, L. (2019).
Pengembangan Media Komik
Digital Pada Pembelajaran PPKN di
SMA. JTPPm (Jurnal Teknologi
Pendidikan dan Pembelajaran): Edutech
and Intructional Research Journal, 6(1).
Sudjana, Nana. (2010) Dasar-dasar Proses Belajar
Mengajar. Bandung: Sinar Baru
Algesindo.
Sudjana, Nana. (2014) Penelitian Dan Penilaian
Pendidikan. Bandung: Sinar
Baru Algesindo.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif,
Kualitatif Dan R&D. Bandung:
Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan
Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif dan R&D. Metode Penelitian
Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif Dan R&D.
Sukmadinata. (2011) Metode penelitian
Pendidikan. Jakarta : Remaja
Rosdakarya.
Sukmanasa, E., Windiyani, T., & Novita, L.
(2017). Pengembangan Media
Pembelajaran Komik Digital Pada Mata
Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Bagi
Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kota
Bogor. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah
Dasar), 3(2), 171-185.
Pinatih, S. A. C., & Putra, D. K. N. S. (2021).
Pengembangan Media Komik
Digital Berbasis Pendekatan Saintifik
pada Muatan IPA. Jurnal Penelitian Dan
Pengembangan Pendidikan, 5(1), 115-