Pengembangan Media Komik Digital pada Mata Pelajaran PAI untuk Kelas VIII di SMP Negeri 3 Cibeber

Authors

  • Satrio Mohammaf Fajar universitas muhammadiyah sukabumi
  • Arif Yudianto universitas muhammadiyah sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.37150/jut.v9i1.1665

Keywords:

Media pembelajaran, komik digital, Adobe Photoshop

Abstract

Abstrak  Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media komik digital pembelajaran pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan Borg dan Gall yaitu (1) Potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi desain, (6) Uji coba produk, (7) Revisi, (8) Uji coba pemakaian/lapangan, (9) Revisi produk, dan (10) Produksi masal. Hasil penelitian uji kelayakan media pembelajaran komik digital berdasarkan penilaian: 1) Ahli Materi dengan kategori sangat layak dan 2) Ahli Media dengan kategori sangat layak, 3) Uji coba kelompok kecil dengan kategori sangat layak, 4) Uji coba kelompok besar dengan kategori Layak. Dari hasil pengembangan dihasilkan media pembelajaran komik digital dengan kategori “sangat layak”. Presentase  yang diberikan oleh, ahli materi yaitu 91% dengan kategori “sangat layak”, ahli media yaitu 89% dengan kategori “sangat layak”, uji coba kelas terbatas oleh siswa yaitu 83% dengan kategori “sangat layak”, uji coba lapangan oleh siswa yaitu 86% dengan kategori “sangat layak”.

Kata Kunci: Media pembelajaran, komik digital, Adobe Photoshop

 

Abstract : This study aims to develop a digital comic media for learning in PAI subjects. This research is a development research that uses the Borg and Gall development model, namely (1) Potential and problems, (2) Data collection, (3) Product design, (4) Design validation, (5) Design revision, (6) Product trial , (7) Revision, (8) Use/field trial, (9) Product revision, and (10) Mass production. The results of the research on the feasibility test of digital comic learning media based on the assessment: 1) Material Experts with a very decent category and 2) Media experts with a very decent category, 3) Small group trials with very decent categories, 4) Large group trials with Eligible categories. From the results of the development, digital comic learning media was produced with the "very feasible" category. The percentage given by material experts is 91% in the "very feasible" category, media experts are 89% in the "very feasible" category, limited class trials by students are 83% in the "very feasible" category, field trials by students namely 86% with the category of "very decent".

 

Keywords: Learning media, digital comics, Adobe Photoshop

References

Arikunto (2021) Dasar-Dasar Evaluasi

Pendidikan Edisi 3. Jakarta : PT. Bumi

Aksara.

Astutik, A. F., & Suprijono, A. (2021).

Pengembangan Media Komik Digital

Dalam Pembelajaran Ips Sebagai

Penguatan Karakter Peserta Didik Kelas

V SDN Geluran 1 Taman. Jurnal

Education And Development, 9(3), 542-

Efendi, N. M. (2018). Revolusi pembelajaran

berbasis digital (Penggunaan

animasi digital pada start up sebagai

metode pembelajaran siswa belajar aktif).

Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, &

Antropologi, 2(2), 173-182.

Hutaepea, E ( 2019, 10 September ) 3 Hal Ini Jadi

Penyebab Rendahnya Minat

Baca Anak Indonesia. Kompas [Online],

halaman 1. Tersedia: https://

kompas.com. [10 September 2019].

Ida Bagus Made Astawa (2021) Belajar dan

Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja

Grafindo Persada

Maharani, D. A. (2017). Pengembangan Komik

Digital Sebagai Media

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial

Smp Kelas VIII Tema Perubahan

Masyarakat Pada Penjajahan

Jepang. SOCIAL STUDIES, 6(4), 394-

Mujiono dan Dimyati. (2013) Belajar dan

Pembelajaran. Jakarta : PT. Rineka

Cipta.

Nurhayati, I., Hidayat, S., & Asmawati, L. (2019).

Pengembangan Media Komik

Digital Pada Pembelajaran PPKN di

SMA. JTPPm (Jurnal Teknologi

Pendidikan dan Pembelajaran): Edutech

and Intructional Research Journal, 6(1).

Sudjana, Nana. (2010) Dasar-dasar Proses Belajar

Mengajar. Bandung: Sinar Baru

Algesindo.

Sudjana, Nana. (2014) Penelitian Dan Penilaian

Pendidikan. Bandung: Sinar

Baru Algesindo.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif,

Kualitatif Dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan

Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif dan R&D. Metode Penelitian

Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif Dan R&D.

Sukmadinata. (2011) Metode penelitian

Pendidikan. Jakarta : Remaja

Rosdakarya.

Sukmanasa, E., Windiyani, T., & Novita, L.

(2017). Pengembangan Media

Pembelajaran Komik Digital Pada Mata

Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Bagi

Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kota

Bogor. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah

Dasar), 3(2), 171-185.

Pinatih, S. A. C., & Putra, D. K. N. S. (2021).

Pengembangan Media Komik

Digital Berbasis Pendekatan Saintifik

pada Muatan IPA. Jurnal Penelitian Dan

Pengembangan Pendidikan, 5(1), 115-

Downloads

Published

2023-06-27
Abstract viewed = 1292 times