Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Kolaborasi dengan Team Assisted Individualy (TAI) Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa di SMP
DOI:
https://doi.org/10.37150/jut.v8i1.1633Keywords:
Lembar Kerja Siswa (LKS), Team Assisted Individualy (TAI), Kemampuan Pemahaman MatematisAbstract
Siswa banyak yang kesulitan memahami pelajaran matematika, melihat fenomena tersebut maka perlu diterapkan suatu sistem pembelajaran yang melibatkan peran siswa secara aktif dalam kegiatan belajar mengajar, guna meningkatkan kemampuan pemahaman belajar matematika siswa di SMP. Perlu adanya bahan ajar yang mampu membantu permasalahan tersebut, dengan adanya Lembar Kerja Siswa yang peneliti buat berbasis kolaborasi yang dikembangkan guna membangun rasa tanggung jawab dalam diri siswa sehingga pemahaman konsep dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan hasil pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis kolaborasi dengan model pembelajaran TAI (Team Assisted Individually) pada siswa SMP. Pengembangan bahan ajar ini mengikuti prosedur pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahap yaitu : (1) Analisis, (2) desain, (3) development/pengembangan, (4) Implementasi, (5) Evaluasi. Tahap Awal penelitian dilakukan sampai tahap pengembangan. Akhir dari tahapan pengembangan adalah melakukan validasi terhadap LKS.Nilai hasil uji validasi melalui penilaian oleh validator dinyatakan sangat valid dengan persentase 90%. Hasil tersebut menujukan bahwa LKS berbasis kolaborasi dengan model TAI pada pelajaran matematika valid.
References
Agustina, L.(2012). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Pembelajaran Kolaboratif Dengan Pendekatan Pemecahan Masalah. Jurnal Dinamika Pendidikan.
Hadi, S. (2017). Pendidikan Matematika Realistik. Jakarta: Rajawali Pers
Hamalik, O. (2013). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta
Thobroni, M.(2017). Belajar dan Pembelajaran (Teori dan Praktik).Yogyakarta:Ar-Ruzz Media
Atik, N., & Mz, Z. A. (2016). Pengembangan LKS Berbasis Pendekatan RME Untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan BerpikirKritis Matematis Siswa. Suska Journal Of Mathematics Education, 2(2), 103-110.
Pirdaus, D. A., & Afriansyah, E. A. (2016). Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individually untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Pendidikan Matematika JPM RAFA Vol.2, No.1, 104.
Zein, M., & Darto. (2012). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Pekan Baru: Daulat Riau.
Chen, C., Jones, K. T., & Xu, S. (2018). The Association Between Students' Style Of Learning Preference, Sosial Presence, Collaborative Learning and Learning Outcomes. Journal of Education Online, Vol.15 No.1.