Analisis Inteligensi dan Berpikir Kritis
DOI:
https://doi.org/10.37150/jut.v8i1.1618Keywords:
inteligensi, berpikir kritisAbstract
Salah satu faktor yang membedakan antara manusia dengan makhluk hidup lainnya adalah inteligensi. Inteligensi adalah kemampuan untuk belajar dari pengalaman dan beradaptasi dengan, membentuk, dan memilih lingkungan. Inteligensi sering dikaitkan dengan perilaku adaptif dimana seseorang menggunakan pengalaman untuk menanggapi situasi tertentu. Ada banyak dan beragam teori inteligensi. Teori inteligensi memiliki beberapa jenis. Teori yang paling terlihat adalah teori psikometri, yang mengkonseptualisasi inteligensi dalam bentuk semacam "peta" pikiran. Banyak yang menghubungkan antara inteligensi dengan keterampilan berpikir kritis. Meskipun keduanya memiliki kesamaan terkait proses berpikir, akan tetapi intelegensi berbeda dengan berpikir kritis. Berpikir kritis bergantung pada pemikiran fleksibel yang mengharuskan seseorang untuk menganalisis bukti yang tersedia, mengidentifikasi informasi yang salah, dan membuat keputusan yang tepat. Adapun, inteligensi sebagian besar bergantung pada logika, pemahaman bersama, dan pengetahuan yang dipelajari saat membuat keputusan.
References
Anastasi, Anne dan Urbina, Susana. 1997. Psikological Testing. Seventh Edition. Upper Saddle River NJ: Prentice Hall, Inc.
Atkinson, Rita L; Atkinson, Richard C; Smith, Edward E dan Bem, Daryl J. 2003. Pengantar Psikologi. Terjemahan oleh Widjaja Kusuma. Batam Centre: Interaksara.
Butler, H. A., *Pentoney, C., & *Bong, M. (2017). Predicting real-world outcomes: Critical thinking is a better predictor of life decisions than intelligence. Thinking Skills and Creativity. https://doi.org/10.1016/J.TSC.2017.06.005
Changwong, K., Sukkamart, A., & Sisan, B. (2018). Critical thinking skill development: Analysis of a new learning management model for Thai high schools. Journal of International Studies, 11(2), 37–48. doi: https://doi.org/10.14254/2071
Ennis, R. H. (1993). Critical thinking assesment. Theory into practice, Vol. 32, No. 3.
Ennis, R. H. (2011). The nature of critical thinking: An outline of critical thinking dispositions and abilities. In Sixth International Conference on Thinking at MIT, July 1994. Cambridge, MA. Retrieved from https://education.illinois.edu/docs/default-source/faculty-documents/robert-ennis/thenatureofcriticalthink-ing_51711_000.pdf?sfvrsn=7bb51288_2
Facione. (2013). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Measured Reasons and The California Academic Press, Millbrae, CA.
Ghazivakili, Z., Norouzi Nia, R., Panahi, F., Karimi, M., Gholsorkhi, H., & Ahmadi, Z. (2014). The role of critical thinking skills and learning styles of university students in their academic performance. Journal of Advances in Medical Education & Professionalism, 2(3), 95–102. Retrieved from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4235550/
Heong, Y. M., Othman, W. B., Yunos, J. Bin, Kiong, T. T., Hassan, R. Bin, Mohaffyza, M., & Mohamad, B. (2011). The level of Marzano higher order thinking skills among technical education students. International Journal of Social Science and Humanity, 1(2), 121–125. Retrieved from http://ijssh.org/papers/20-H009.pdf
Karakoç, M. (2016). The significance of critical thinking ability in terms of
education. International Journal of Humanities and Social Science, 6(7), 81–84. Retrieved from http://www.ijhssnet.com/journals/Vol_6_No_7_July_2016/10.pdf
Mahapoonyanont, Natcha. (2012). The causal model of some factors affecting critical thinking abilities. Procedia-social and behavioral science 46, hal 1255-1264.
Moore, Kenneth D. (2015). Effective instructional strategies: from theory to practice fourth edition. United States of Amerika: SAGE Publications Inc
Phan, H. P. (2010). Critical thinking as a self-regulatory process component in teaching and learning. Psicothema, 22(2), 284–92. Retrieved from http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/20423634