Penerapan Model ASSURE dalam Mengembangkan Media Pembelajaran di SMKN 3 Penajam Paser Utara

Authors

  • Andi Rustandi Universitas Mulawarman
  • Haeruddin
  • Darmansyah

DOI:

https://doi.org/10.37150/jut.v8i1.1594

Keywords:

Media Pembelajaran, Model ASSURE, Construct 2

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis Android pada materi mengenal jenis peralatan dan fungsi di SMK Negeri 3 Penajam Paser Utara.Jenis penelitian yang digunakan adalah Reserch and Development (R & D ) dengan model pengembangan ASSURE yang terdiri dari 6 tahap, yaitu Analyze Learners; State Objectives; Select Methodes, Media, and Materials; Untilize Media and Material; Require Learner Participation; dan Evaluate and Revise. Tahap awal yaitu analisis kebutuhan, kemudian merancang media pembelajaran , selanjutnya pemilihan metode, media dan bahan menghasilkan rangkaian flowchart, dan storyboard. Selanjutnya membuat media pembelajaran dan divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan siswa. Selanjutnnya melakukan evaluasi dan revisi ahli materi, ahli media, dan siswa untuk memproleh informasi kelayakan. Penelitian ini dilakukan pada bulan September 2021. Subjek peneiti yang terlibat 2 dosen di Universitas Mulawarman selaku ahli media, 1 guru ahli materi dan 10 siswa kelas X di SMK Negeri 3 Penajam Paser Utara.Hail dari penelitian ini adalah : 1) Pengembangan media pembelajaran pada pokok bahasan mengenal jenis peralatan dan fungsi dibuat menggunakan Construct 2. 2) Uji kelayakan dapat dilihat pada perolehann hasil angket pengujian oleh 2 ahli media diperoleh jumlah skor 116 dengan kategori “sangat layak”, pengujian ahli materi diperoleh jumlah skor 56 dengan kategori “cukup layak”, pengujian terhadap siswa diperoleh jumlah skor 35,5 dengan kategori “sangat layak”.Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan dari keseluruhan aspek para ahli media, ahli materi dan siswa diperoleh skor 644 dengan presentasi kelayakan 87,62% termasuk dalam kategori “sangat layak”.

References

Indah Kurnianingsih, Rosini dan Nita Ismayati 2017. “Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Digital bagi Tenaga Perpustakaan Sekolah dan Guru di Wilayah Jakarta Pusat Melalui Pelatihan Literasi Informasi”. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, Vol. 3, No. 1, September 2017.

Mahnun, Nunu 2012. “Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran)”. Jurnal Pemikiran Islam; Vol. 37, No. 1 Januari-Juni 2012

Aprida Pane dan Muhammad Darwis Dasopang 2017. “Belajar Dan Pembelajaran”. Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, Vol. 03 No. 2 Desember 2017.

Tafonao, Talizaro 2018. “Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa”. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol.2 No.2, Juli 2018.

Sugiono 2019. Metode Penelitian & Pengembangan Researce and Development.Bandung : Alfabet

Smaldini, Sharon E, Deborah L Lowther, James D. Russel. 2005. Instruction Technology and Media for Learning Ninth Edition. New Jersey: Upper Saddle River.

Lestari, Aplrilia Dewi. 2018. Gambar Teknik. Surakarta: CV Mediatama

Hanafi 2017. “Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan”. Jurnal Kajian Keislaman, Vol 4 No.2, Juli–Desember 2017.

Hikma, Nurul 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digital Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Teknologi Informasi Airlangga”.Skripsi, Samarinda.

Umar, Huzaifah 2020. “Efektivitas Media Pembelajaran Al Qur’an Pada Pokok Bahasan Mengajar Belajar Al Qur’an Di Kelas Ix Madrasah Tsanawiyah Lukmanul Hakim”. Proposal Penelitian, Samarinda. Youtube. 2015. Penggunaan Pensil Biasa dan Pensil Mekanik. https://www.youtube.com/watch?v=MVppR-Oemjk&t=393s Diakses pada 24 november 2021.

Arifah, Risqi Ervera Nur 2018. “Pengembangan Game Edukasi Menggunakan Construct 2 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kela 1 Sekolah Dasar”. Skripsi, Surakarta.

Retnosari, Tri Desi 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Construct 2 Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar”. Skripsi, Lampung.

Muhtasyam, Aziz 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berupa Game Edukasi Berbasis Android Dengan Bantuan Software Construct 2 Pada Materi Aljabar”. Skripsi, Jakarta.

Downloads

Published

2022-06-28
Abstract viewed = 3912 times