Perspektif Mahasiswa PJKR terhadap Pembelajaran Daring: Studi Survei di Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Authors

  • Alief Gustian Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Ahmad Alwi Nurudin Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.37150/jut.v8i1.1451

Keywords:

Perspektif, Mahasiswa, Pembelajaran Daring

Abstract

Pembelajaran daring menjadi solusi terbaik terhadap proses pembelajaran dimasa pandemi Covid-19. Prodi PJKR salah satu prodi yang menerapkan pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perspektif mahasiswa terhadap pembelajaran daring. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini seluruh mahasiswa PJKR dari angkatan 2018 sampai 2021. Sampel dalam penelitian ini yaitu mahasiswa PJKR dengan menggunakan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengisian kuesioner melalui Google Form. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif prosentase. Hasil penelitian menunjukan perspektif mahasiswa PJKR terhadap pembelajaran daring pada masa pandemi secara keseluruhan memperoleh  hasil 32,7 dengan kategori kurang puas. Maka diperoleh kesimpulan bahwa perspektif mahasiswa PJKR terhadap pembelajaran termasuk kedalam kategori kurang puas. Dengan demikan jika apabila keadaan normal mahasiswa lebih menginginkan pembelajaran secara tatap muka, hal ini terjadi karena mahasiswa terbiasa melakukan praktek di lapangan

References

Abroto. dkk. (2021). Pembelajaran Daring Dengan Menggunakan Aplikasi WhatsApp Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Vol 5. No 3. https://kbbi.web.id/perspektif.

Maghfirotillah, Qoriah. dkk. (2015). Perspektif Mahasiswa Berlatar Jurusan Keislaman Terhadap Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol 3. No 2.

Mardiana, Ade. 2009. Pendidikan jasmani olahraga. Edisi 1. Jakarta: Universitas terbuka. Mendikbud R.I. (2020). Tentang Pemberlakuan Pembelajaran Secara Daring dan Bekerja dari Rumah dalam Rangka Pencegahan Penyebaran COVID-19. Tentang Pemberlakuan Pembelajaran Secara Daring Dan Bekerja Dari Rumah Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran COVID19.

Mukhsen, Fadiah. (2018). Analisis Perspektif Mahasiswa PAI FIAI UII Terhadap Bahasa Inggris Dan Pengaruhnya Pada Tingkat Kelulusan Tes CEPT UII. Skripsi.

Ningtyas, Gartika Sabrina. (2020). Survei Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan VIA Sistem Pembelajaran Daring Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Sukabumi Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi.

Putria, Hilna. dkk. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Masa Pandemi Covid-19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Vol 4. No 4.

Sugiyono. 2018 metode penelitian pendidikan. Cetakan 27. Bandung. Alfabeta.

Sumaatmaja, Nursid. Wihardit, Kuswaya. 2009.perspektif global. Edisi 3. Jakarta: Universitas Terbuka. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan. 2003. Jakarta. Di Undangkan Bambang Kesowo.

Victorian, Ahmad Richard. dkk. (2021). Perspektif Calon Guru Pendidikan Jasmani Terhadap Pembeljaran Online Selama Pandemi Covid-19. Journal Of Sport Science And Education. vol 6. No 1.

Wahyudin, din. 2008. Pengantar pendidikan. Cetakan 6. Jakarta: Universitas terbuka.

Widodo, Arif dan Nursaptini. (2020). Problematika Pembelajaran Daring Dalam Perspektif Mahasiswa. Jurnal Elementary School Education Jurnal. Vol 4. No 2.

Yulianto, Dwi dan Aninditya Sri Nugraheni. (2021). Efektifitas Pemblejaran Daring Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi. Vol 1. No 1.

Downloads

Published

2022-06-28
Abstract viewed = 152 times