Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP dengan Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Lembar Kerja
DOI:
https://doi.org/10.37150/jut.v7i2.1392Keywords:
Lembar kerja; Komunikasi Matematis; PJJAbstract
Abstrak : Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) menjadi salah satu alternatif pembelajaran di tengah wabah Covid-19 saat ini. Salah satu metode penyampaian Pembelajaran Jarak Jauh yaitu dengan bahan-bahan tertulis seperti lembar kerja, maka dengan penggunaan lembar kerja ini agar semua siswa bisa mengikuti pembelajaran, sehingga tidak terjadi ketertinggalan dalam mengikuti setiap pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dan untuk mengetahui kemandirian belajar siswa dengan pembelajaran jarak jauh berbasis lembar kerja siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode ex-post facto. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Kalijati, siswa kelas VII tahun pelajaran 2020/2021, sampel dipilih secara random. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang signifikan dengan pembelajaran jarak jauh berbasis lembar kerja. Hasil Angket menunjukkan diperoleh persentase rata-rata kemandirian belajar siswa yaitu sebesar 30,65% berarti dapat disimpulkan bahwa hampir setengahnya menunjukkan adanya kemandirian belajar terhadap pembelajaran jarak jauh berbasis lembar kerja.