Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Macromedia Flash Materi Kewargaan Digital di SMK Pasim Plus Sukabumi
DOI:
https://doi.org/10.37150/jut.v7i1.1094Keywords:
Macromedia flash, Media pembelajaran interaktif, kewargaan digitalAbstract
Abstrak: Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif materi
Kewargaan Digital yang layak dan sesuai untuk peserta didik kelas X OTKP 1 SMK Pasim Plus Sukabumi
Kelayakan dari media pembelajaran interaktif ini ditinjau dari aspek kevalidan. Metode penelitian yang
digunakan menggunakan metode penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) yang
dibatasi hanya sampai 7 tahap dari yang seharusnya 8 tahap karena kendala waktu dan biaya, tahap – tahap
yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk,
revisi produk. Media pembelajaran interaktif diujicobakan di kelas X OTKP 1 SMK Pasim Plus Sukabumi.
Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi media, lembar validasi materi, dan angket respon
pengguna. Pengguna adalah peserta didik kelas X OTKP 1 SMK Pasim Plus Sukabumi dengan jumlah 8
orang peserta didik dalam uji coba kelas kecil. Kriteria kelayakan produk yang dikembangkan pada
penelitian ini ditentukan dengan nilai minimal 3,7 dari skala 5 dengan kategori layak. Hasil validasi oleh
ahli media yaitu 4,13 (sangat layak), validasi ahli materi yaitu 5 (sangat layak), dan penilaian uji coba kelas
kecil dengan 8 orang peserta didik yaitu 4 (layak). Dengan begitu, media pembelajaran interaktik materi
Kewargaan Digital ini sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.