Peran Orang Tua terhadap Perubahan Sikap Siswa dengan Pembelajaran Online di SDIT Bina Bangsa pada Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.37150/jut.v6i2.1019Keywords:
Pemberian Reward, Peran Orang Tua, Sikap Siswa, Pandemi COVID-19Abstract
Peran orang tua dalam pendidikan sangat penting, terutama memberikan pengaruh terhadap perubahan sikap siswa. Siswa kelas 1 Sekolah Dasar masih sangat bergantung pada peranan orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pemberian reward terhadap peranan orang tua dan perubahan sikap siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode quasi experiment dengan jumlah responden 25 orang. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini menggunakan korelasi ganda dan regresi ganda aplikasi SPSS 20 untuk mengetahui apakah ada tidaknya hubungan antara pemberian reward, peran orang tua dan perubahan sikap siswa selama pembelajaran online pada masa pandemi COVID-19. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan pemberian kuesioner untuk 25 responden. Penelitian ini dilakukan selama satu bulan. Pengaruh variabel reward terhadap variabel peran orang tua menunjukkan nilai R sebesar 1,0, hal ini dapat diartikan bahwa terdapat hubungan korelasi kuat antara keduanya. Kemudian pengaruh variabel reward terhadap variabel sikap siswa menunjukkan nilai R 0,58, hal ini dapat diartikan bahwa terdapat hubungan korelasi sedang antara keduanya. Adapun pengaruh peran orang tua terhadap sikap siswa ditunjukkan pada nilai R 0,58, hal ini dapat diartikan bahwa terdapat hubungan korelasi sedang antara keduanya.
References
Aprilianti, D., Herawati, M. N., & Insaini, H. (2019). Pengaruh Pemberian Hadiah terhadap Minat Siswa dalam Menulis Teks Cerpen pada Siswa SMP. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Aziz, O. F. (2017). Peranan Orang Tua dalam Menanamkan Kedisplinan Anak Usia Dini pada Lingkungan Keluarga (Studi Kasus di Dusun Kukap Desa Poncosari Kecamatan Srandakan). Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 1(September), 158–171.
Ciputra, U. (2016). Korelasi Ganda. http://ciputrauceo.net/blog/2016/5/16/pengertian-korelasi-dan-macam-macam-korelasi
Dermawan, W. (2013). Panduan Penyusunan Skripsi, Tesis & Disertasi. ANDI Ypgyakarta.
Destrinelli, D. (2017). Pengaruh Pemberian Hadiah Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(1), 124–139. https://doi.org/10.22437/gentala.v2i1.6822
Geo. F. Brooks, M., Karen C. Carroll, M., Janet S. Butel, P., & Stephen A. Morse, P. (2006). Medical Microbiology. In The Prokaryotes (24th ed.). McGrawHill. https://doi.org/10.1007/0-387-30745-1_26
Sugiyono. (2010). Metode penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Syahroni, S. (2017). Peranan Orang Tua dan Sekolah dalam Pengembangan Karakter Anak Didik. Intelektualita, 6(1), 13. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v6i1.1298
Umar, M. (2015). Peranan Orang Tua Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(1), 20. https://doi.org/10.22373/je.v1i1.315