Strategi Siswa “Extrovert” dalam Mempelajari Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris
DOI:
https://doi.org/10.37150/jut.v6i2.1013Keywords:
strategi, berbicara, kepribadian, ekstrovertAbstract
Berbicara adalah salah satu keterampilan yang paling diprioritaskan untuk dikuasai oleh siswa karena mereka akan lebih mudah memahami materi dan mereka akan lebih mudah untuk menanyakan sesuatu dalam bahasa Inggris ketika merasa bingung. Faktanya, para guru dan siswa perlu lebih berhati-hati dalam beberapa faktor internal yang mungkin mempengaruhi siswa dalam menguasai bahasa Inggris. Keberhasilan pembelajaran berbicara tidak selalu bergantung pada strategi yang diterapkan oleh guru di kelas, Namun keberhasilannya juga berpengaruh besar dari strategi yang digunakan siswa dalam pembelajaran berbicara. Salah satu faktor internal yang dapat mengganggu penguasaan berbicara siswa adalah kepribadian. Ekstrovert memiliki pengaruh terbesar dalam pembelajaran bahasa terutama dalam meningkatkan keterampilan berbicara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh siswa ekstrovert dalam pembelajaran keterampilan berbicara. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah lima siswa ekstrovert di International Class Program (ICP) kelas XI SMA Laboratorium UM. Alat tes kepribadian, catatan observasi lapangan, dan wawancara tidak terstruktur digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa ekstrovert menggunakan strategi Kognitif, Meta kognitif dan Sosial dalam mempelajari kemampuan berbicara. Selain itu, dalam strategi kognitif dan sosial, siswa ekstrovert selalu berbicara bahasa Inggris dengan orang yang mereka temui dan mereka merasa nyaman untuk berbicara bahasa Inggris dengan banyak orang di sekitar mereka.
Kata Kunci: strategi, berbicara, kepribadian, ekstrovert
References
Alwisol. (2009). “PsikologiKepribadian (EdisiRevisi)”. Malang: UMM Press
Asmali, Mehmet. (2014). “The Relationship Between the Big Five Personality Traits and Language Learning Strategies”.Journal of Social Sciences Institute. Vo. 17, No. 32 : 1-18
Chew, S.Y, and Ng, L.L. (2016). “The Relevance of Personality and Language Proficiency on the Participation Style of ESL Learners in Face-to-Face and Online Discussions”.Springer Journal. Vol. 5, Issue 4 : 605-613
Eysenck, H. J., &Eysenck, S. B. G. (1969).”Manual of the Eysenck Personality Inventory”. London: Hodder& Stoughton
Fatahi, S, Moradi, H, and Kashani-Vahid, L. (2016). “A Survey of Personality and Learning Styles Models Applied in Virtual Environments with Emphasis on E-Learning Environments. Springer Journal. Vol. 46, Issue 3 : 87-931
Fazeli, S.H. (2012).“The Relationship between the Extraversion Trait and Use of the English Language Learning Strategies”.Indian Journal of Science and Technology. Vol.5, No.4 : 2651-2657.
Lightbown, Pasty, M., and Spada, Nina. (1999). “How Language are Learned (Second Edition)”. Oxford: Oxford University Press
O’Malley, J. M. & A. U. Chamot. (1990). “Learning Strategies in Second Language Acquisition”. Cambridge UK: Cambridge University Press.
Oxford, R.L. (2011).“Strategies for Learning Second or Foreign Language”.Cambridge University Journal. Vol. 44, Issue 02 : 167-180
Saville-Troike, M. 2006.“Introducing Second Language Acquisition”. New York: Cambridge University Press.
Suliman, F. (2014). “The Role of Extrovert and Introvert Personality in Second Language Acquisition”. (Online), (http://www.ocerint.org/Sociont14_ebook/papers/xx01.pdf), retrieved 27 March, 2018.
Zhang, Yan. (2008). “ The Role of Personality in Second Language Acquisition”. Asian Social Science. Vol. 4, No. 5 : 58-59