Model Pembelajaran Group Investigation untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif

Authors

  • Suprihatini Suprihatini SMA Negeri 2 Krakatau Steel Cilegon

DOI:

https://doi.org/10.37150/jut.v6i2.1008

Keywords:

Peningkatan Berpikir Kreatif, Model Pembelajaran Group Investigation.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa untuk berfikit kreatif. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui efektifitas penerapan model pembelajaran Group Investigation pada pembelajaran sejarah duna meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa. Metode penelitian yang digunakan kuasi eksperimen. Pengambilan data sampel menggunakan teknik nonprobability sampling. Sumber data kemampuan berfikir kreatif diperoleh dari pretest dan posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen. Analisis data menggunakan uji t’. Hasil penelitian, terdapat pengaruh kemampuan berpikir kreatif antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Group Investigation menggunakan model pembelajaran konvensional mengalami peningkatan lebih tinggi dari pada yang menggunakan model pembelajaran langsung dengan hasil analisis data dapat dilihat dari uji-t’ menggunakan rumus saparated varian yaitu -4,96 > -1,33, maka  ditolak  diterima. Hasil dapat dilihat dari uji-t’ satu pihak dengan rumus saparated varians yaitu 0,04 > -1,33, maka  ditolak .

 

Kata Kunci : Peningkatan Berpikir Kreatif, Model Pembelajaran Group Investigation

References

Agung Leo dan Sri Wahyuni. 2013. Perencanaan Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Aman. 2011. Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Penerbit Ombak.Cholid Narudin dan Abu Achmadi. 2009. Metode Penelitian. Jakarta: PT. Bumi Aksara .

Rusman. 2016. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2015. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar Offset.

Downloads

Published

2020-12-29
Abstract viewed = 926 times