Analisis Kesulitan Belajar Siswa Tunadaksa pada Pembelajaran Matematika di Kelas Inklusif

Authors

  • Pujia Siti Balkist Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.37150/jut.v6i2.1005

Keywords:

Kata Kunci: Pendidikan Inklusif, Siswa tunadaksa, Trigonometri, Hambatan Belajar.

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hambatan belajar siswa tunadaksa di kelas inklusif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan purposive sampling di SMAN 1 Sukabumi sebagai salah satu sekolah penyelenggara pendidikan inklusif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hambatan belajar involunter siswa di kelas inklusi berkaitan dengan hambatan motorik yaitu hambatan menulis yang dialami terutama saat meringkas materi matematika dan menyampaikan jawaban melalui tulisan.

 

 

Abstract: The purpose of this study was to analyze the learning obstacles of tunadaksa students in inclusive class. The research method used is a qualitative descriptive method with purposive sampling at SMAN 1 Sukabumi as one of the schools providing inclusive education. The results showed that the learning obstacles of tunadaksa students in inclusive class were related to motoric barriers, namely the barriers to writing experienced, especially when sumarizing mathematics material and delivering answers through writing.

 

References

Arifin, Z. 1986. Evaluasi Instruksional Prinsip Metode Prosedur. Bandung : Bina Aksara.

Arikunto, S. 1998. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik.. Jakarta : Rieneka Cipta.

Darma, I. 2015. Pelaksanaan Sekolah Inklusif di Indonesia. Bandung : Jurnal Unpad.

Herawati, N. . 2016. Pendidikan Inklusif. Bandung : EduHumaniora Jurnal Pendidikan Dasar Vol.2.

Janes dkk. 1998. Dari Bayi Sampai Dewasa. Jakarta : Gunung Mulia.

Stivers, J. et all. 2012. Tunadaksa Teacher Transfer in Special Education : Concepts and Strategies for Teachers Facing New Assignments. America: Journal of the American Academy of Special Education Professionals.

Suleymanov. F. 2015. Issues of Inclusive Education : Some Aspects to be Considered. CORE Scholar : Electronic Journal for Inclusive Education Vol. 3.

Subroto, T. 2018. Analisis Hambatan Belajar Pada Materi Trigonometri dalam Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Yogyakarta : Indomath Ustjogja.

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Downloads

Published

2020-12-29
Abstract viewed = 3208 times