KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI GURU DALAM MENUMBUHKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA TUNANETRA

Authors

  • Aris Juliansyah

Keywords:

Komunikasi antar pribadi, guru, kepercayaan diri, tunanetra

Abstract

Penelitian ini memfokuskan pada komunikasi antarpribadi guru terhadap siswa tunanetera dalam mennumbuhkan rasa percaya diri. Komunikasi antarpribadi guru dan siswa tunanetra berlangsung pada saat pembelajaran dan diluar pembelajaran. Dengan memiliki rasa percaya diri yang baik siswa tunanetra diharapkan dapat berprestasi dalam bidang akademik dan non akademik. Komunikasi guru dalam menumbuhkan rasa percaya diri siswa tunanetra di SLB A Budi Nurani berlangsung berdasarkan pada keterbukaan, empati, dukungan, rasa positif dan kesamaan. Selain kelima point diataas rasa percaya diri siswa tunantra didukung dengan pendekatan komunikasi verbal dan nonverbal. Dukungan, penghargaan, pujian, motivasi dibarengi dengan sentuhan-sentuhan kasih sayang seperti mengusap kepala, merangkul, menepuk pundak dan memeluk merupakan upaya yang dilakukan guru dalam menumbuhkan rasa percaya diri siswa tunanetra. Guru merupakan Subjek pada penelitian ini dan objek dari penelitian ini adalah proses komunikasi antarpribadi dalam menumbuhkan rasa percaya diri siswa tunanetra. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan melibatkan guru sebagai informan utama dan pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan observasi partisipatif. Proses analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan kategori yang  kemudian mereduksi data dan menyajikan data. Pengujian keabsahan data dalam penelitian ini, maka digunakan teknik  validitas dengan pendekatan triangulasi.

Downloads

Published

2020-07-22
Abstract viewed = 2323 times