ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS 4 SEKOLAH DASAR

Authors

  • Erdi Pebrian Hardiansyah

Keywords:

Proses Pembelajaran, Bangun Datar, kualitatif, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran matematika pada materi bangun datar di kelas 4 sekolah dasar. Jenis penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif, karena dalam mengkaji permasalahan, penulis tidak membuktikan ataupun menolak hipotesis yang dibuat sebelum penulisan tetapi mengolah data dan mengalisis suatu masalah secara non numerik, pada pelaksanaanya menggunakan pedoman wawancara dan lembar observasi untuk melihat proses pembelajaran di kelas. Subjek penelitian menggunakan Quota sampling untuk pemilihan subjek pada penulisan ini, karena subjek yang diteliti adalah kelompok yang sudah ditentukan sesuai dengan kuota kelas yaitu kelas 4 sekolah dasar dan tidak meneliti banyak subjek untuk diteliti karena keterbatasan waktu penulisan. Hasil penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana karakter pembelajaran, proses pembelajaran, perencanaan pembelajaran, dan penilaian proses pembelajaran yang berlangsung di kelas.

Downloads

Published

2020-07-22
Abstract viewed = 2104 times