MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) DI KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR
Keywords:
Keterampilan Menyimak, Think Pair ShareAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model TPS dan peningkatan keterampilan menyimak siswa di kelas tinggi Sekolah Dasar. Metode yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian model Kemmis dan Mc Taggart terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan observasi serta refleksi. Partisipan dalam penelitian ini siswa kelas 5C SD Islam Al-Azhar 7 Kota Sukabumi. Jumlah siswa 22 orang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, tes, observasi kinerja guru dan aktivitas belajar siswa, catatan lapangan, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar wawancara, tes keterampilan menyimak, lembar observasi kinerja guru dan aktivitas belajar siswa, lembar catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik kuantitatif deskriptif. Hasil kinerja guru siklus I memperoleh nilai rata-rata 70 dengan kategori cukup dan siklus II memperoleh nila rata-rata 86 dengan kategori baik, perolehan nilai tersebut terjadi peningkatan nilai sebesar 16. Aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 67 dengan kategori cukup dan pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 83, dari perolehan nilai tersebut terjadi peningkatan nilai sebesar 16 . Hasil penelitian pra siklus memperoleh ketuntasan 36%, Kemudian meningkat pada siklus I mencapai ketuntasan 59%, sedangkan pada siklus II hasil tes menunjukkan ketuntasan mencapai 84%. Sehinga peningkatan yang terjadi dari pra siklus ke siklus I sebesar 23% dan dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 25%. Peningkatan secara keseluruhan dengan perhitungan rumus N-Gain diperoleh skor 0,56 dengan kategori sedang. Kesimpulan penelitian ini bahwa keterampilan menyimak siswa meningkat melalui model TPS.