PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENUMBUHKEMBANGKAN NILAI DEMOKRATIS DI KELAS TINGGI

Authors

  • Asti Nuraeni

Keywords:

Model Role Playing, Nilai Demokratis, Siswa di Kelas Tinggi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan menggunakan model pembelajaran role playing dan menumbuhkembangkan nilai demokratis di Kelas tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah Peneletian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian menggunakan model siklus yang dikembangkan oleh Kemmis dan McTaggart. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan dan observasi serta refleksi. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VB SD Aisyiyah Kota Sukabumi sebanyak 19 siswa terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar pedoman wawancara, lembar observasi aktivitas guru dan siswa, lembar observasi nilai demokratis, lembar angket, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru siklus I memperoleh nilai rata-rata 71 dengan kategori mengalami peningkatan pada siklus II mencapai 85 pada kategori baik sekali. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I mempeoleh nilai rata-rata 68 dengan kategori baik mengalami peningkatan pada siklus II mencapai 81 dengan kategori baik sekali. Adapun perkembangan nilai demokratis siswa secara klasikal pada pra siklus memperoleh persentase rata-rata 39% dengan kategori lemah. Pada siklus I mengalami perkembangan mencapai 68% dengan kategori kuat, kemudian pada siklus II mengalami perkembangan mencapai 84% dengan kategori sangat kuat. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan, model pembelajaran Role Playing dapat menumbuhkembangkan nilai demokratis di Kelas Tinggi.

Downloads

Published

2020-07-21
Abstract viewed = 356 times