MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP KEGIATAN EKONOMI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA LUDO WORD GAME (LWG) DI KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Abdul Hendi Hendi

Keywords:

Media Pembelajaran Ludo Word Game, Pemahaman Konsep

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran ludo word game untuk meningkatkan pemahaman konsep materi kegiatan ekonomi peserta didik Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan dua siklus yang terdiri dari empat kali pertemuan dalam satu siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan refleksi. Subyek penelitian  ini adalah peserta didik kelas IV SDN Puspadaya dengan jumlah 26 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah pembelajaran IPS materi kegiatan ekonomi dengan penggunaan media pembelajaran ludo word game terjadi suasana pembelajaran yang menyenangkan sehingga hasil belajar peserta didik meningkat, yaitu dari hasil pretest, siklus I ke siklus II terdapat peningkatan, pada pretest jumlah pserta didik yang tuntas adalah 4 orang atau 15% dari 26 Peserta didik, nilai yang tidak tuntas 22 orang atau 85%, pada siklus I mengalami peningkatan jumlah peserta didik yang tuntas adalah 16 orang atau 62%,nilai yang tidak tuntas 10 orang atau 38%, sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan nilai yang tuntas yaitu menjadi 23 orang atau 88%. Disimpulkan bahwa media ludo word game dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik.

Downloads

Published

2020-07-21
Abstract viewed = 434 times