PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS TINGGI DI SEKOLAH DASAR
Keywords:
Learning cycle, pemahaman konsep IPA.Abstract
Penelitian ini berlandaskan pada rendahnya pemahaman konsep siswa pada pembelajaran IPA di kelas V SDN Babakan Sirna. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti melakukan penelitian dengan menerapkan model learning cycle untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model learning cycle dan peningkatan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran IPA mengenai siklus air di kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model penelitian Kemmis dan Taggar yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan dan pengamatan, dan refleksi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah pedoman wawancara, lembar observasi, catatan lapangan, tes pemahaman konsep, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan baik pada penerapan model maupun pemahaman konsep siswa. Hasil penelitian melalui observasi aktivitas guru pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 68,57 meningkat pada siklus II menjadi 77,5 dengan kategori baik, sedangkan aktivitas siswa memperoleh nilai rata-rata 51,62 dan mengalami peningkatan menjadi 72,36 dengan kategori baik. Adapun hasil peningkatan ketuntasan klasikal pada siklus I mencapai 48%, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 83% dengan kategori sangat baik. Hal tersebut menunjukkan bahwa model learning cycle meningkatkan pemahaman konsep siswa.