PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP IPS MELALUI METODE ROLE PLAYING DI KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Latri Latifah

Keywords:

Metode Pembelajaran Role Playing, Pemahaman Konsep IPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman konsep IPS pada siswa kelas V SDN 1 Cisaat dengan penerapan metode pembelajaran Role Playing. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian yang diperoleh data nilai rata-rata kelas terhadap peningkatan pemahaman konsep pembelajaran IPS siswa pada pra siklus yaitu sekitar 46.92 dengan siswa yang mencapai KKM hanya 20.83%. Setelah dilaksanakan penelitian dengan menggunakan metode pembelajaran Role Playing, rata-rata peningkatan pemahaman konsep pembelajaran IPS siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I rata-rata peningkatan pemahaman konsep pembelajaran IPS siswa adalah 72.37 dan siswa yang mencapai KKM sebanyak 62.5%. Sedangkan pada siklus II rata-rata peningkatan pemahaman konsep pembelajaran IPS siswa meningkat menjadi 85.65 dan siswa yang mencapai KKM juga meningkat yaitu menjadi 87.5%. Hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I sampai dengan siklus II. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat diambil simpulan bahwa metode pembelajaran Role Playing terbukti dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas V SDN 1 Cisaat pada mata pelajaran IPS materi Jenis usaha ekonomi dan kegiatan ekonomi.

Downloads

Published

2020-07-21
Abstract viewed = 1264 times