ANALISIS IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA ANAK DYSLEXIA DI KELAS TINGGI SD AL-AZHAR 07 KOTA SUKABUMI

  • Aditia Eska Wardana
  • Luthfi Hamdani Maula
Keywords: Dyslexia, Pembelajaran Bahasa Indonesia.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran Bahasa Indoneisa pada anak dyslexia di SD Al-Azhar 07 Kota Sukabumi serta bagaimana kemampuan kognitif anak dyslexia di SD Al-Azhar 07 Kota Sukabumi. Sumber data dari informan, dokumentasi, dan data observasi. Data informan dari guru dan siswa. Data dokumen berupa tulisan, gambar dan rekaman. Data observasi didapatkan melalui proses observasi yang peneliti lakukan. Teknik pemilihan informan yang digunakan dalam penelitian adalah purposive sampling. peneliti juga akan menggunakan teknik snowball sampling dalam pemilihan informan. Teknik pemeriksaan yang digunakan untuk menguji keabsahan data pada penelitian ini adalah triangulasi. peneliti menggunakan dua macam triangulasi yaitu: triangulasi metode, triangulasi sumber. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan model analisis data kualitatif adalah suatu proses analisis yang terdiri dari empat jalur kegiatan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan verifikasi data atau kesimpulan. kesimpulkan dalam peneltian ini guru menggunakan metode Basal Reade. Upaya untuk mengatasi kesulitan membaca dilakukan pada jam tambahan dengan berbagai metode seperti dengan metode GilinghamStillman (menyajikan gambar), Phonic method, cerita/dongeng, dan Hegge-kirk kirk.

Published
2019-02-14
Section
Articles