PENGARUH SENAM AEROBIC LOW IMPACT TERHADAP TEKANAN DARAH PADA PENDERITA HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BAROS KOTA SUKABUMI

  • Erna Safariyah
  • Ady Waluya
  • Rizky Septiany
Keywords: Hipertensi, Senam Aerobic Low Impact , Tekanan Darah

Abstract

Hipertensi merupakan penyakit degenerative dengan angka kematian cukup tinggi di Indonesia, yaitu ke -3 setelah stroke dan TB Paru. Salah satu upaya untuk menjaga supaya tidak terjadi hipertensi salah satunya dengan terapi non farmakologis yaitu Senam Aerobic Low Impact. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh senam aerobic low impact terhadap penurunan tekanan darah.

Hipertensi adalah peningkatan tekanan darah sistolik lebih dari 140 mmHg dan tekanan darah diastolik lebih dari 90 mmHg. Senam aerobic low impact merupakan senam yang gerakkannya ringan, dapat membantu memperbaiki profil lemak darah, menurunkan kolesterol total, Low Density Lipoprotein, trigliserida, menaikan High Density Lipoprotein, memperbaiki sistem hemostatis dan tekanan darah.

Jenis penelitian adalah quasy experiment dengan pre dan post test design. Populasinya seluruh peserta prolanis dengan hipertensi di Puskesmas Baros dengan sampel 17 responden, pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Menggunakan Uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukan rata-rata tekanan darah responden sebelum dilakukan senam aerobic low impact adalah sistol 140 dan diastol 90. Sedangkan rata-rata tekanan darah responden sesudah dilakukan senam aerobic low impact adalah sistol 130 dan diastol 80. Terdapat pengaruh senam aerobic low impact terhadap penurunan tekanan darah dengan p value 0,000.

Terdapat pengaruh senam aerobic low impact terhadap penurunan tekanan darah pada penderita hipertensi. Disarankan bagi tempat penelitian diharapkan melaksanakan senam prolanis sebagai bentuk pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Published
2019-02-13
Section
Articles