PENGARUH PREFERENSI DAN FAKTOR KONSUMEN YANG MEMPENGARUHI MANAJEMEN PEMASARAN DARI PADI HITAM DI GEOPARK CILETUHPELABUHANRATU

  • Neneng Kartika Rini
  • Venita Sofiani
Keywords: Preferensi konsumen, Manajemen pemasaran, beras hitam, Geopark Ciletuh

Abstract

Membangun Kecamatan Ciemas Sukabumi Tepat Ciletuh ke Geopark atau jangka panjang sebagai tujuan wisata Objek wisata geologi di wilayah Sukabumi perlu persiapan dan perencanaan yang tepat. Hal ini terkait dengan tidak sedikit potensi yang dapat dikembangkan di Kabupaten Ciemas. Selain itu ada beberapa sumber air terjun yang sangat indah, bebatuan yang memiliki nilai sejarah dari sejarah pembentukannya, Panenjoan sebagai Amphiteather, pantai Ciletuh, Cikadal, dan Palangpang, hutan Mangrove, hutan Bambu, juga ada beberapa komoditas alam yang memiliki karakteristik dan potensi lokal Unggul yang dapat dikembangkan. Manggo, Beras Hitam, Beras Merah, Batu Akik, Batik Pakululan, Bunga Raflesia Fatma. Keindahan, keunikan, dan potensi lokal daerah dapat memberikan peluang untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi penduduk setempat. Beras hitam adalah salah satu komoditas lokal yang paling potensial untuk dikembangkan. Dari alam dan iklim yang berkembang berbeda dengan beras putih yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat umum. Nasi hitam hidup di tanah huma yang tidak membutuhkan banyak air seperti padi. Namun dari kandungan nutrisi dan manfaatnya tidak kalah hebat. Harga beras hitam lebih tinggi dari beras putih atau beras konsumsi. Namun saat musim panen tiba pasokan beras hitam di petani melimpah, dan proses pemasarannya masih terbatas. Karena keunggulan yang dimiliki oleh beras hitam perlu untuk memeriksa pengaruh preferensi konsumen dari beras hit dan faktor-faktor yang mempengaruhi manajemen pemasaran. Menggunakan tes IPA (Analisis Kinerja Penting), analisis regresi linier berganda, dan Chi Square untuk melihat hubungannya. Diharapkan beras hitam dapat menjadi salah satu komoditas unggulan dan salah satu ikon kawasan Geopark Ciletuh dan desa lainnya di kabupaten Sukabumi.

Hasil penelitian menemukan bahwa preferensi konsumen terhadap nutrisi, tekstur, warna menjadi prioritas utama. Selera dan aroma preferensi kuadran dipertahankan. Kemudahan memasak, hama kotoran beras, kemurnian beras, batas penggunaan, dan kandungan air beras prioritas rendah. Faktor-faktor yang mempengaruhi manajemen pemasaran meliputi: preferensi konsumen, harga, produk, dan promosi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap manajemen pemasaran. Sedangkan tempat tidak berpengaruh (tidak signifikan) pada manajemen pemasaran. Hasil Chi Square menunjukkan hubungan antara preferensi konsumen dan manajemen pemasaran beras hitam.

Published
2019-02-11
Section
Articles