Pengenalan Komponen Perangkat Keras Komputer Berbasis Augmented Reality Menggunakan Metode Markerless

Authors

  • M. Iqbal Fadhiil Fajr

Keywords:

Augmented Reality, Markerless, Animasi, Komponen Perangkat Keras, EasyAR

Abstract

Abstrak — Disetiap sekolah pada zaman ini media pembelajaran masih dilakukan dengan cara manual yaitu dengan menggunakan
media gambar, poster dan membongkar perangkat keras komputer yang secara langsung kurang menarik bagi siswa sendiri yang
mengakibatkan pada rendahnya daya ingat pada anak – anak. Penulis bertujuan membuat penelitian ini untuk membuat dan
merancang media pembelajaran yang umum yakni materi mengenai komponen perangkat hardware pada kompter yang jarang dilihat
secara langsung oleh orang-orang. Penulis membuat penelitian ini untuk membuat dan merancang media pembelajaran dengan
menggunakan teknologi augmented reality sehingga objek perangkat keras dapat terlihat secara nyata dan meningkatkan minat orang
orang terutama pemahamannya terhadap kegunaan dari komponen perangkat keras itu sendiri. Metode markerless merujuk pada
pelacakan tanpa menggunakan marker fisik ataupun penanda khusus, dengan menggunakan Metode Markerless pada aplikasi dari
media pembelajaran yang dibuat akan menjadi lebih nyaman dioperasikan karena untuk menampilkan object3D nya tidak
memerlukan sebuah penanda khusus dan lebih mudah untuk dipahami. Aplikasi media pembelajaran mengenai komponen perangkat
keras komputer ini dibangun dan dirancang menggunakan aplikasi Unity3D sebagai game engine. Library augmented reality
menggunakan EasyAR SDK dan akan menciptakan hasil dari aplikasi pengenalan komponen perangkat keras komputer berbasis
augmented reality dengan menggunakan metode markerless.

Downloads

Published

2024-12-30

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 0 times