Media Pembelajaran Suhu dan Kalor Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle

Authors

  • Ismail Saleh Muhamad

Keywords:

Game Pembelajaran; Kalor; MDLC; Suhu.

Abstract

Abstrak — Mutu pembelajaran merupakan aspek kritis dalam dunia pendidikan. Merancang strategi pembelajaran melibatkan serangkaian kegiatan yang dirancang untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu dengan pendekatan pada kegiatan atau aktivitas. Pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran menjadi solusi yang tepat. Beberapa faktor yang sering menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik termasuk kesulitan materi, pemilihan media pembelajaran yang kurang tepat, dan keterbatasan sarana dan prasarana. Khususnya dalam pembelajaran fisika, seperti materi suhu dan kalor, membutuhkan pendekatan yang memperhatikan banyak istilah yang sulit dipahami. Tujuan pembelajaran adalah melalui proses pengamatan nyata. Kemampuan peserta didik dalam memahami materi bervariasi, ada yang memahami melalui membaca dan melakukan percobaan, ada yang lebih menyukai visual dan repetisi, namun beberapa siswa memiliki keterbatasan eksplorasi. Solusi yang diusulkan adalah menyajikan pembelajaran melalui board game 2 dimensi yang dapat dimainkan bersama dan memungkinkan diskusi untuk pemahaman materi suhu dan kalor. Metode penelitian yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Hasil alpha test menunjukkan fungsi aplikasi berjalan sesuai harapan, sementara beta test menunjukkan kesesuaian aplikasi dengan permasalahan yang dihadapi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa game yang dibuat merupakan sarana pembelajaran yang efektif untuk materi suhu dan kalor.

Downloads

Published

2024-06-26

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 11 times