Analisis Penerapan Total Quality Manajemen (Tqm) Pada Perusahaan Kontraktor Dengan Pendekatan Metode Servqual Di Kota Sukabumi

Authors

  • Nia Kartika
  • Adi Chandra Maulana

DOI:

https://doi.org/10.37150/jsa.v8i1.276

Keywords:

Kontraktor Kecil, TQM, Servqual

Abstract

Salah satu cara kontraktor kecil untuk meningkatkan mutu perusahaannya adalah dengan menerapkan
prinsip-prinsip yang ada di Total Quality Management (TQM). TQM adalah sistem manajemen yang
mengangkat mutu sebagai strategi usaha dan berorientasi pada kepuasan pelanggan dengan melibatkan
seluruh anggota perusahaan (Suardi, 2004). Prinsip-prinsip yang ada dalam TQM yaitu : kepemimpinan,
kebijakan dan strategi, komitmen, MSDM, Manajemen Sumber Daya, Manajemen Proses, Quality
Awareness, Kerjasama, Kapasitas untuk berubah dan Pembelajaran (Gaspersz, 2005). Metode analisis yang
penulis gunakan adalah metode Servqual yang telah dipergunakan pada berbagai bidang kajian karena tingkat
validitas dan reliabilitasnya tinggi, memperlihatkan secara sistematis dan urutan prioritas perbaikan kualitas
mutu.
Hasil penelitian ini didapatkan beberapa hal berikut, tingkat kepuasan berada diantara 80 - 100 artinya
kepuasan tinggi, yaitu rata-rata sebesar 80,51. Elemen TQM yang perlu ditingkatkan dalam penerapannya
adalah : teknologi terbaru yang digunakan dalam pelaksanaan proyek, teknologi informasi memberikan
kemudahan kepada pekerja dalam bekerja, pimpinan perusahaan mau menerima pendapat dari bawahan,
cukupnya waktu penyelesaian pekerjaan supaya hasil pekerjaan memuaskan, pimpinan perusahaan
memberikan bimbingan kepada para pekerjanya, dan menyediakan pelatihan bagi tenaga kerja. Elemen TQM
lain masuk dalam kategori elemen yang sudah diterapkan dengan baik dan ada beberapa yang dianggap
elemen pendukung sehingga belum menjadi prioritas untuk melakukan peningkatan secara langsung.

Downloads

Published

2018-06-29

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 1343 times