Implementasi Metode Fuzzy Mamdani Dalam Simulasi Penentuan Pemenang Giveaway Di Akun Online Shop Instagram
DOI:
https://doi.org/10.37150/jsa.v10i1.1364Keywords:
Pemenang; Giveaway; Metode Fuzzy Mamdani; Toko Online; Instagram; SimulasiAbstract
Pengambilan simpulan dari semua fakta yang ada sangat penting dilakukan pada sebuah proses
penalaran, salah satunya ialah dengan cara menggunakan sebuah logika. Kegiatan giveaway
merupakan salah satu cara untuk menarik perhatian pasar, kegiatan inipun dinilai ampuh dalam
strategi marketing yang ada pada saat ini. Tentunya dengan memperhatikan kriteria dan
persyaratan tertentu. Oleh karena itu, akun @laxproject_ menggunakan kegiatan ini untuk
mendapatkan keuntungan positif. Dalam pelaksanaan simulasi penentuan pemenang dikegiatan
yang diselenggarakan, penalaran yang digunakan ialah bedasarkan dua himpunan awal yaitu
banyaknya Jumlah Transaksi (JT) dan Besar Transaksi (BT). Dalam hal ini juga dapat
dilakukan beberapa metode penalaran, contohnya menggunakan logika preposisi. Adapun
dalam logika preposisi, proses penalaran simpulan dinilai kurang tepat karena dalam prosesnya
logika preposisi masih menunjukan data yang bersifat samar yang dinilai kurang manusiawi.
Maka, pada penelitian ini metode Fuzzy Mamdani dipakai dalam proses simulasi penentuan
pemenang giveaway agar data yang dihasilkan ialah data yang valid. Metode ini terdiri dari 3
tahap, yaitu Fuzzifikasi, Inferensi dan Defuzzifikasi. Dalam penelitian ini diujikan contoh
kasus yang dimasukkan kedalam model fuzzy Mamdani terhadap partisipan giveaway dengan
identitas Jumlah Transaksi (JT) = 6 dan Besaran Transaksi (BT) = 5.000.000, memiliki nilai
kelayakan sebagai pemenang giveaway sebesar 68,18. Dengan adanya nilai ini maka proses
penentuan pemenang giveaway bisa diperkirakan karena setiap partisipan memiliki nilai
kelayakan berupa nilai (crisp set) yang sifatnya jelas.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Santika : Jurnal Ilmiah Sains dan Teknologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish articles in SANTIKA Journal is a scientific journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).