Penggunaan Metode Integrasi Importance Performance Analysis (IPA) dan Metode Kano dalam Mengukur Tingkat Kepuasan Pasien

Authors

  • Johan Budhiana
  • Astri Zeini Wahida

DOI:

https://doi.org/10.37150/jsa.v9i2.1204

Keywords:

IPA, KANO, Integrasi, Kepuasan, Pasien

Abstract

Kepuasan pasien indikator penting dalam pelayanan kesehatan yang merupakan penilaian
pasien terhadap pelayanan kesehatan dengan membandingkan harapan dan kenyataan
pelayanan kesehatan yang diterima. Pengukuran kepuasan pasien dilakukan menggunakan
Importance Performance Analysis (IPA) dan KANO. Intergrasi kedua metode memungkinkan
dalam pengukuran kepuasan pasien. Tujuan penelitian mengetahui penerapan metode integrasi
IPA dan KANO.
Jenis penelitian deskriptif di Puskesmas Cisaat Kabupaten Sukabumi Februari sampai
Desember 2018. Populasi seluruh pasien yang berkunjung ke Puskesmas, sampel sebanyak 305
responden menggunakan aksidental sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner
dengan 28 item pertanyaan. Reliabilitas diatas 0,6. Analisis data menggunakan IPA, KANO,
integrasi IPA dan KANO.
Hasil berdasarkan IPA atribut 13, 14, 17, 21 pada kuadran I, atribut 1, 2, 3, 4, 5, 6, 15, 16, 18,
23 pada kuadran II. Metode KANO, kategori must be adalah 1, 8 sedangkan attaractive adalah
3, 6, 9, 11. Integrasi IPA-KANO, kategori survival 1, 18, Major Weapon 2, 4, 5, 15, 16, 23.
Kesimpulan, metode IPA didasarkan kepentingan dan kinerja. Metode KANO pada
pengkategorian atribut seberapa baik produk memuaskan pasien. Metode Integrasi IPA-KANO
pada kepentingan dan kinerja serta pengkategorian atribut seberapa baik produk memuaskan
pasien. Metode Integrasi IPA-KANO lebih akurat dan lebih baik. Diharapkan metode integrasi
IPA-KANO sering untuk mengukur kepuasan pasien.

Downloads

Published

2019-12-16

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 769 times