PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DIMODIFIKASI NUMBERED TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KOMSEP MATEMATIS SISWA

  • Dini Nuraeni Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Keywords: Problem Based Learning, Numbered, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis

Abstract

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dimodifikasi Numbered dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran PBL dan siswa yang menggunakan model pembelajaran Langsung. Serta untuk mengetahui model pembelajaran manakah yang lebih baik dari ketiga model pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain eksperimen semu (quasi experimen) bentuk the nonequivalent posttest control group design.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ciemas Kabupaten Sukabumi tahun ajaran 2017/2018.  Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan tek non tes. Teknik pengumpulan data melalui teknik tes menggunakan data postes. Sedangkan, pengumpulan data melalui teknik non tes ditempuh melalui dokumentasi, wawancara dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu intrumen tes dan intrumen non tes, instrument non tes yang digunakan yaitu pedoman wawancara dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran PBL dimodifikasi numbered, siswa yang menggunakan model pembelajaran PBL, dan siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung; 2) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran PBL dimodifikasi numbered lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran PBL; 3) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran PBL dimodifikasi numbered lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung; 4) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran PBL tidak lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung.

Published
2018-01-09
Section
Articles