MODIFIKASI ALAT PERMAINAN SIMPLE WOODBALL UNTUK PEMBELAJARAN DI SEKOLAH SD NEGERI PEUNDEUY SUKABUMI
DOI:
https://doi.org/10.37150/mae.v3i1.2209Keywords:
Modifikasi Alat Permainan Simple WoodballAbstract
Untuk memperkenalkan olahraga baru woodball di sekitar persekolahan dalam mengatasi setiap masalah di outdoor khusunya lapangan serta perlengkapan untuk menunjang permainan woodball, dalam permainan woodball peneliti bisa memodifikasinya. Adapun tujuan yang ingin dicapai dari penelitian pengembangan kali ini yang bertujuan untuk memperkenalkan alat modifikasi permainan woodball di SD Negeri Peundeuy Sukabumi untuk menghasilkan suatu permainan baru yang ada di lingkungan sekolah. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dari sugiyono, yang terdiri dari 10 langkah, yaitu (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) uji coba pemakaian ;(6) revisi produk ;(7) uji coba produk; (8) revisi desain;(9) revisi produk; (10) produk akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa SD Negeri Peundeuy Sukabumi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik snowball sampling. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Dari hasil penelitian ini yaitu modifikasi alat permainan woodball pada peserta didik SD Negeri Peundeuy Sukabumi dimana produk yang sudah divalidasi oleh ahli. Ahli dan pelatih woodball dimana didapatkan rata-rata 85,3% kemudian dilakukan uji coba dengan skala besar. Hasil dari uji coba skala kecil mendapatkan rata-rata persentase 87% dan hasil uji coba skala besar mendapat rata-rata persentase 95% serta alat modifikasi permainan woodball ini layak digunakan
References
Akbar, I. D., & Gemael, Q. A. (2020). Model Latihan Dayung Berbasis Modifikasi Alat Untuk Atlet
Pemula. Jurnal Sporta Saintika, 5(1), 21–30.
Arfani, L. (2016). Mengurai hakikat pendidikan, belajar dan pembelajaran. Pelita Bangsa Pelestari
Pancasila, 11(2), 81–97. https://pbpp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPB/article/view/5160
Bangun, M. W. A. (2018). Pemanfaatan Hasil Modifikasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di SlbYpac Cabang Medan. Journal Physical Education, Health and Recreation, 2(2), 97.
https://doi.org/10.24114/pjkr.v2i2.9553
Bayu I Made Andika, & Iswana, B. (2021). Evaluasii Sarana dan Prasarana Olahraga. Jurnal Ilmu
Keolahragaan, 4(1), 38–52.
Daya, W. J., & Chan, F. (2017). Penerapan Modifikasi Permainan Target Untuk Pembelajaran
Bolavoli FIK Universitas Jambi. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 16(2), 127–135.
Fakhrurrazi. (2018). HAKIKAT PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF. Jurnal At-Tafkir, XI(1), 85–
Ibrahim, I. I. M., Rahayu, N. I., & Sultoni, K. (2017). PENGARUH IMAGERY TRAINING
TERHADAP HASIL PUKULAN PARKING DAN GATE-IN WOODBALL DI. Jurnal
Terapan Ilmu Keolahragaan, 02(02), 91–95.
Nasrudin, & Maryandi. (2018). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Pembelajaran d
SD. Jurnal Managemen Pendidikan, 13(1), 15–23.
Natal, Y. R. (2020). Kebijakan Pemerintah Tentang Penyediaan Sarana Dan Prasarana Olahraga
Pendidikan Di Smp Negeri Se-Kecamatan Bajawa. IMEDTECH (Instructional Media, Design
and Technology), 4(1), 22. https://doi.org/10.38048/imedtech.v4i1.222
Pratama, B. A. (2017). Meningkatkan Ketrampilan Shooting Sepakbola Dengan Permainan
Modifikasi. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 2(1), 48.
https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v2i1.655
Putri, M. W., Sugiyanto, & Kiyatno. (2017). WOODBALL SPORTS DEVELOPMENT IN
CENTRAL JAVA PROVINCE , INDONESIA - DESCRIPTIVE STUDY OF
ORGANIZATION , HUMAN RESOURCES , INFRASTRUCTURE , FUNDING AND
DEVELOPMENT OF ACHEIVEMENT. European Journal of Physical Education and Sport
Science, 3(4), 80–97. https://doi.org/10.5281/zenodo.545785
Rubiana, I. (2017). Pengaruh Pembelajaran Shooting ( Free Throw ) Dengan Alat Bantu Rentangan
Tali Terhadap Hasil Shooting ( Free Throw ) Dalam Permainan Bola Basket. Jurnal siliwangi,
(2), 248–257.
Sobarna, A., Hambali, S., & Barat, J. (2018). Penerapan Modifikasi Alat Bantu terhadap Minat Siswa
dalam Pembelajaran Tolak Peluru. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(2), 103–108.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (hal. 1–334).
Sunhaji. (2014). Konsep Manajemen Kelas dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Jurnal
Kependidikan, 2(2), 30–46.
Tokan, A. (2019). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH PADA SISWA KELAS
V SDK LEWOLOBA KABUPATEN FLORES TIMUR. Undikma, 6(September), 67–75