MODIFIKASI ALAT PERMAINAN SIMPLE WOODBALL UNTUK PEMBELAJARAN DI SEKOLAH SD NEGERI PEUNDEUY SUKABUMI

Authors

  • Kurnia Edwin Prasetyo

DOI:

https://doi.org/10.37150/mae.v3i1.2209

Keywords:

Modifikasi Alat Permainan Simple Woodball

Abstract

Untuk memperkenalkan olahraga baru woodball di sekitar persekolahan dalam mengatasi setiap masalah di outdoor khusunya lapangan serta perlengkapan untuk menunjang permainan woodball, dalam permainan woodball peneliti bisa memodifikasinya. Adapun tujuan yang ingin dicapai dari penelitian pengembangan kali ini yang bertujuan untuk memperkenalkan alat modifikasi permainan woodball di SD Negeri Peundeuy Sukabumi untuk menghasilkan suatu permainan baru yang ada di lingkungan sekolah. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dari sugiyono, yang terdiri dari 10 langkah, yaitu (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) uji coba pemakaian ;(6) revisi produk ;(7) uji coba produk; (8) revisi desain;(9) revisi produk; (10) produk akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa SD Negeri Peundeuy Sukabumi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik snowball sampling. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Dari hasil penelitian ini yaitu modifikasi alat permainan woodball pada peserta didik SD Negeri Peundeuy Sukabumi dimana produk yang sudah divalidasi oleh ahli. Ahli dan pelatih woodball dimana didapatkan rata-rata 85,3% kemudian dilakukan uji coba dengan skala besar. Hasil dari uji coba skala kecil mendapatkan rata-rata persentase 87% dan hasil uji coba skala besar mendapat rata-rata persentase 95% serta alat modifikasi permainan woodball ini layak digunakan

References

Akbar, I. D., & Gemael, Q. A. (2020). Model Latihan Dayung Berbasis Modifikasi Alat Untuk Atlet

Pemula. Jurnal Sporta Saintika, 5(1), 21–30.

Arfani, L. (2016). Mengurai hakikat pendidikan, belajar dan pembelajaran. Pelita Bangsa Pelestari

Pancasila, 11(2), 81–97. https://pbpp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPB/article/view/5160

Bangun, M. W. A. (2018). Pemanfaatan Hasil Modifikasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di SlbYpac Cabang Medan. Journal Physical Education, Health and Recreation, 2(2), 97.

https://doi.org/10.24114/pjkr.v2i2.9553

Bayu I Made Andika, & Iswana, B. (2021). Evaluasii Sarana dan Prasarana Olahraga. Jurnal Ilmu

Keolahragaan, 4(1), 38–52.

Daya, W. J., & Chan, F. (2017). Penerapan Modifikasi Permainan Target Untuk Pembelajaran

Bolavoli FIK Universitas Jambi. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 16(2), 127–135.

Fakhrurrazi. (2018). HAKIKAT PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF. Jurnal At-Tafkir, XI(1), 85–

Ibrahim, I. I. M., Rahayu, N. I., & Sultoni, K. (2017). PENGARUH IMAGERY TRAINING

TERHADAP HASIL PUKULAN PARKING DAN GATE-IN WOODBALL DI. Jurnal

Terapan Ilmu Keolahragaan, 02(02), 91–95.

Nasrudin, & Maryandi. (2018). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Pembelajaran d

SD. Jurnal Managemen Pendidikan, 13(1), 15–23.

Natal, Y. R. (2020). Kebijakan Pemerintah Tentang Penyediaan Sarana Dan Prasarana Olahraga

Pendidikan Di Smp Negeri Se-Kecamatan Bajawa. IMEDTECH (Instructional Media, Design

and Technology), 4(1), 22. https://doi.org/10.38048/imedtech.v4i1.222

Pratama, B. A. (2017). Meningkatkan Ketrampilan Shooting Sepakbola Dengan Permainan

Modifikasi. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 2(1), 48.

https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v2i1.655

Putri, M. W., Sugiyanto, & Kiyatno. (2017). WOODBALL SPORTS DEVELOPMENT IN

CENTRAL JAVA PROVINCE , INDONESIA - DESCRIPTIVE STUDY OF

ORGANIZATION , HUMAN RESOURCES , INFRASTRUCTURE , FUNDING AND

DEVELOPMENT OF ACHEIVEMENT. European Journal of Physical Education and Sport

Science, 3(4), 80–97. https://doi.org/10.5281/zenodo.545785

Rubiana, I. (2017). Pengaruh Pembelajaran Shooting ( Free Throw ) Dengan Alat Bantu Rentangan

Tali Terhadap Hasil Shooting ( Free Throw ) Dalam Permainan Bola Basket. Jurnal siliwangi,

(2), 248–257.

Sobarna, A., Hambali, S., & Barat, J. (2018). Penerapan Modifikasi Alat Bantu terhadap Minat Siswa

dalam Pembelajaran Tolak Peluru. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(2), 103–108.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (hal. 1–334).

Sunhaji. (2014). Konsep Manajemen Kelas dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Jurnal

Kependidikan, 2(2), 30–46.

Tokan, A. (2019). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH PADA SISWA KELAS

V SDK LEWOLOBA KABUPATEN FLORES TIMUR. Undikma, 6(September), 67–75

Downloads

Published

2022-07-21

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 211 times