Meningkatkan V02 Max dan Penurunan Lemak Tubuh melalui Senam Aerobik pada Ibu-Ibu Anggota Senam Aerpast di Cidahu Tahun 2020

Authors

  • Virli Revarani

DOI:

https://doi.org/10.37150/mae.v2i1.1432

Keywords:

lemak tubuh,, senam aerobik,, vo2 max,

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh senam aerobik terhadap peningkatan max dan penurunan lemak tubuh  pada ibu-ibu anggota senam aerpast di Cidahu tahun 2020. Adapun metodologi yang digunakan adalah eksperimen dengan desain penelitian menggunakan One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 12 orang anggota senam aerpast di Cidahu tahun 2020. Sampel penelitian ini sebanyak 12 orang, dengan teknik pengambilan sampel total. Data diperoleh melalui tes dan pengukuran variabel max menggunakan tes lari 12 menit dan untuk variabel lemak tubuh menggunakan pengukuran skinfold caliper.  Hasil penelitian dianalisis menggunakan Uji T dua sampel independen.

Hasil dari penelitian ini yaitu pada kolom nilai rata-rata max sebesar 20,92 dan untuk nilai rata-rata lemak tubuh sebesar 15,00. Pada output uji T dua sampel independen didapatkan nilai sig. sebesar 0,057 (5,7%) nilai sig. > 0,05 (5%). Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa senam aerobik berpengaruh terhadap peningkatan max dan penurunan lemak tubuh serta terdapat perbedaan pengaruh senam aerobik, bahwa pada penelitian ini senam aerobik lebih berpengaruh terhadap peningkatan max dibandingkan penurunan lemak tubuh.

Additional Files

Published

2021-12-23

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 60 times