Pendekatan Psikososial, Intervensi Fisik, Dan Perilaku Kognitif Dalam Desain Pembelajaran Pendidikan Jasmani Bagi Anak Dengan Retardasi Mental
DOI:
https://doi.org/10.37150/mae.v2i1.1426Keywords:
Pendekatan Psikososial, Intervensi Fisik, Perilaku Kognitif, Pendidikan Jasmani, Retardasi MentalAbstract
Abstrak
Artikel ini merupakan sebuah tulisan yang mencoba membahas tentang: (1) pengertian anak retardasi mental, (2) kharakteristik anak retardasi mental, (3) kendala-kendala anak retardasi mental, serta (4) pendekatan pembelajaran yang dapat diaplikasikan untuk anak retardasi mental agar menjadi anak yang mandiri dalam hidupnya serta mampu bersosialisasi dan bermasyarakat. Retardasi mental atau keterbelakangan mental menunjuk pada penejelasan khusus kepada anak-anak yang memiliki tingkat intelegensi di bawah rata-rata. Terdapat beberapa istilah lain dari retardasi mental ini, seperti: mentally retarded, mental defective, dan lain sebagainya. Retadasi mental terjadi ditandai dengan adanya keterbelakangan mental yang dibawah rata-rata. Hal ini timbul selama periode pertumbuhan dan perkembangan anak sejak masih dalam kandungan. Keterbelakangan mental juga terjadi karena kelemahan dalam proses adaptasi dengan lingkungan selama masa tumbuh kembang.