Lentera : Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Keperawatan https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/lentera <p align="justify"><strong>Lentera: Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Keperawatan </strong>(e-ISSN: <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20211004010903830">2809-2929</a>, p-ISSN: <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1476670619">2541-4119</a>) is a peer-reviewed journal published by Faculty of Health, Muhammadiyah University of Sukabumi. Since its first issued in 2016, <strong>Lentera </strong>has been publishing scientific articles consistently research articles. <strong>Lentera</strong> publishes the new editions every July and December. <strong>Lentera </strong>is indexed by <a href="https://scholar.google.co.id/citations?user=QA3kcr8AAAAJ&amp;hl=id">Google Scholar</a>, <a href="https://search.crossref.org/?q=2809-2929&amp;from_ui=yes">Crossref</a>, <a href="https://garuda.kemdikbud.go.id/journal/view/25812">Garuda</a> (Garba Rujukan Digital), <a href="https://app.dimensions.ai/discover/publication?search_mode=content&amp;and_facet_source_title=jour.1439553">Dimensions</a></p> en-US [email protected] (Hadi Abdillah, S.Kep., Ners, MMRS) [email protected] (Kartika Tarwati, S.Pd., M.Hum) Sun, 10 Mar 2024 18:16:28 +0700 OJS 3.2.1.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Karakteristik Perawat Sebagai Pendidik Klinik Keperawatan (Clinical Instructor) dalam Proses Pembelajaran Klinik https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/lentera/article/view/1812 <h1>ABSTRAK</h1> <p><strong>Latar belakang</strong>. Pembelajaran klinik atau lapangan adalah kegiatan pembelajaran yang diselenggarakan di lingkungan klinik termasuk di dalamnya adalah rumah sakit, &nbsp;klinik,&nbsp; rumah bersalin, puskesmas dan masyarakat. Pendidikan keperawatan sangat berkaitan erat antara pembelajaran di kelas dan pembelajaran di klinik, karena pembelajaran di klinik merupakan elemen yang sangat penting dalam pendidikan keperawatan. Pembelajaran klinik memfasilitasi peserta didik agar terpapar oleh berbagai macam aspek social, kultural, biologis, psikologis dan mental dalam merawat pasien. Pendidik klinik mempunyai tanggung jawab penting dalam memberikan motivasi untuk meningkatkan percaya diri mahasiswa.</p> <p><strong>Tujuan</strong>. Memperoleh gambaran demografi pendidik klinik keperawatan dan memperoleh gambaran kepuasan pendidik klinik sebagai pendidik klinik keperawatan secara secara subjektif.</p> <p><strong>Metodologi</strong>. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif yang akan memberikan gambaran secara akurat mengenai karakteristik demografi pendidik klinik keperawatan dan tingkat kepuasannya sebagai pendidik klinik keperawatan. Subjek penelitian adalah pendidik klinik atau dalam keperawatan lebih dikenal dengan clinical instructor (CI) yang pernah atau sedang melaksanakan proses bimbingan klinik baik di rumah sakit ataupun di puskesmas dengan teknik total sampling yaitu sebanyak 60 responden.</p> <p><strong>Hasil penelitian</strong>. Terdapat karakteristik clinical instructor yang bervariasi jumlah terbanyak adalah perempuan pada rentang usia &gt;40- 50 tahun, mempunyai latar belakang pendidikan rata-rata S1 Keperawatan+Ners dengan pengalaman kerja pada rentang &gt;5-10 tahun. Skala kepuasan pada rentang tinggi sehingga dapat disimpulkan mempunyai kepuasan yang tinggi pula.</p> <p><strong>Kesimpulan</strong>. Mengingat pentingnya peran Clinical Instructor maka sangat perlu untuk diperhatikan kualifikasi clinical instructor yang terstandar. Dalam hal ini perlu di buat standar misalnya mengacu pada pendidikan di luar negeri bahwa clinical instructor harus ditentukan kualifikasi pendidikan, kemudian pengalaman bekerja sesuai dengan keahlian yang dimilikinya, dan mempunyai kemampuan untuk mengajar</p> <p>&nbsp;</p> <p>Kata kunci: <em>Pendidik klinik</em><em>; </em><em>Clinical instructor</em><em>;</em><em> pembelajaran klinik</em></p> <h1><em>ABSTRACT</em></h1> <p><strong>Background.</strong> Clinical or field learning is a learning activity that is held in the clinic environment including hospitals, clinics, maternity homes, health centres and community. Nursing education is closely linked to classroom learning and clinical learning, as clinical learning is a very important element of nursing education. Clinical learning facilitates learners to be exposed to a wide range of social, cultural, biological, psychological and mental aspects of caring for patients. Clinic educators play an important role in motivating students to increase their confidence.</p> <p>Purpose. Obtain a demographic picture of a nursing clinic educator and gain a subjective view of the clinical educator as a nursing clinic educator.</p> <p><strong>Methodology</strong>. This study uses a descriptive research method that will provide an accurate picture of the demographic characteristics of a nursing clinic educator and its level of satisfaction as a nursing clinic educator. The research subjects were clinical educators or in nursing better known to clinical instructors (CI) who have been or are currently conducting clinical guidance in the hospital or the health centres with a total sampling technique of 60 respondents.</p> <p><strong>The results of the research</strong>. There are clinical characteristics of the most varied instructors are women in the age range&gt; 40-50, with a mean educational background of Bachelor of Nursing with work experience in the range&gt; 5-10 years. Satisfaction scales at high ranges can be concluded to have high satisfaction.</p> <p><strong>Conclusion</strong>. Given the importance of the Clinical Instructor's role then it is important to note that the clinical instructor's qualifications are up to date. In this case, it is necessary to set standards such as referring to overseas education that the clinical instructor should be determined by educational qualification, then experience working b his / her expertise, and ability to teach</p> <p>Keywords: <em>Clinical educator</em><em>; </em><em>Clinical instructor</em><em>;</em> <em>C</em><em>linical learning</em></p> Nunung Siti Sukaesih, Hikmat Pramajati, Popi Sopiah, Diding Kelana Setiadi; Aam Ali Rahman; Irawan Danismaya, Erna Safariyah; Shafa Aghniya Tsurayya Copyright (c) 2024 Lentera : Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Keperawatan https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/lentera/article/view/1812 Mon, 31 Jul 2023 00:00:00 +0700 PENERAPAN PENERAPAN TEORI VIRGINIA HENDERSON PADA PASIEN GASTROESOPHAGEAL REFLUX DISEASE https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/lentera/article/view/2526 <p><em>Gastroesophageal Reflux Disease</em> (GERD) merupakan suatu gangguan di dalam tubuh yang menyebabkan isi lambung mengalami refluks secara berulang ke dalam esofagus, dan menimbulkan gejala khas. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan memperdalam tentang penerapan teori Virginia Henderson dalam asuhan keperawatan pada Tn. J dan Ny. S yang mengalami GERD. Metode yang digunakan yaitu studi literature, sampel yang diamibil sebanyak 2 orang responden yaitu klien GERD. Data penelitian ini diambil dengan menggunakan wawancara dan observasi langsung kepada pasien. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teori Virginia Henderson dalam praktik dan asuhan keperawatan dapat membantu dan mengembalikan kemandirian pasien dengan cara menerapkan 14 kebutuhan dasar manusia. Sehingga dapat disimpulkan teori Virginia Henderson sangat penting untuk diterapkan dalam asuhan keperawatan untuk meningkatkan kesehatan dan kenyamanan pasien dengan kasus <em>Gastroesophageal Reflux Disease</em> (GERD).</p> Salwa Putri Nafisa Aurellia Borsalino, Ummi Malikal Balqis Copyright (c) 2024 Lentera : Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Keperawatan https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/lentera/article/view/2526 Sun, 10 Mar 2024 00:00:00 +0700 GAMBARAN TINGKAT STRESS DAN STRESSOR PADA MAHASISWA KESEHATAN TAHUN PERTAMA DALAM PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19: SEBUAH NARRATIVE REVIEW https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/lentera/article/view/1876 <p>Adanya pandemi Covid-19 membuat sebagian besar mahasiswa melakukan aktivitas di rumah dan melakukan pembelajaran secara daring. Mahasiswa pada tingkat pertama, merupakan kelompok khusus yang sedang dalam masa transisi paling signifikan. Hal tersebut ternyata bisa memicu adanya stres yang diakibatkan oleh berbagai stressor. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana gambaran tingkat stres dan stressor pada mahasiswa jurusan kesehatan tahun pertama dalam pembelajaran daring selama pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam penulisan adalah studi<em> narrative review</em> dengan pencarian data menggunakan tiga database yakni <em>PubMed</em>, <em>Cinahl </em>dan <em>Sciencedirect </em>pada kurun waktu publikasi dari tahun 2020 sampai 2021<em>. </em>Kata kunci yang digunakan yaitu <em>nursing students, medical students, covid-19, stress levels, dan stressors. </em>&nbsp;Hasil penelitian ini meliputi tujuh artikel yang direview yang keseluruhannya merupakan <em>cross-sectional study. </em>Dari hasil review didapatkan bahwa tingkat stres mahasiswa tahun pertama dalam pembelajaran daring selama pandemic Covid-19 berada pada tingkatan sedang dan jenis stressornya yakni stressor akademik. Tingginya tingkat stres yang dialami mahasiswa tahun pertama disebabkan karena berubahnya cara pembelajaran yang mengakibatkan penundaan pada beberapa kegiatan akademik dan pembelajaran dilakukan secara online. Munculnya perubahan ini membuat mahasiswa dituntut untuk segera menyesuaikan diri, sehingga menciptakan suatu beban studi yang justru akan memicu peningkatan stres pada individu. Pada penelitian selanjutnya diharapkan untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai gambaran umum bagaimana cara mahasiswa dalam menghadapi stress serta efektifitas dari cara penanganan tertentu <em>(coping stress)</em> terhadap tingkat stres pada mahasiswa.</p> Sayyidah Salwa, Putri Noor Kholisoh Purnama Wati, Muhammad Zaky Ramdhani, Fadila Khoirunnisa Nursiswati Copyright (c) 2024 Lentera : Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Keperawatan https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/lentera/article/view/1876 Sun, 10 Mar 2024 00:00:00 +0700 Analisis Asuhan Keperawatan Pada Pasien Dengan Gangguan Sistem Pencernaan https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/lentera/article/view/1773 <p><em>According to data released by the Ministry of Health of the Republic of Indonesia regarding the incidence of appendicitis in Indonesia in 2016, the number of patients with appendicitis in Indonesia reached 591,819 people and increased in 2017 by 596,132 people (Soewito, 2017). The incidence of appendicitis in 2018 reached 7 of the world's population. In 2018 the incidence of appendicitis in most parts of Indonesia is still high. In Indonesia, the number of patients suffering from appendicitis is about 7% of the total population or about 179,000 people (Depkes, 2018). The author's goal is to be able to provide nursing care for post-operative appendectomy patients with acute pain nursing problems. Appendicitis is a painful swelling of the appendix with the management of appendectomy, namely surgery to remove the appendix, surgery is indicated when the diagnosis of appendicitis has been established. The research method used is a case study. Samples were taken according to the inclusion criteria of patients with post-appendectomy digestive system disorders with acute pain problems. The care was carried out for 3 days at the Bekasi District Hospital. Data was collected by: interviews, observations, physical examinations, and documentation studies. Data were analyzed narratively based on a comparison of two patients. Patient data 1 and 2 have been supportive to raise the problem of acute pain and its implementation has been implemented and there are no obstacles.</em></p> RINI NURDINI, Desti Listia Copyright (c) 2024 Lentera : Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Keperawatan https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/lentera/article/view/1773 Sun, 10 Mar 2024 00:00:00 +0700 Program Perawat KE-HATI (Perawat bersama Keluarga Sehat Mandiri): Edukasi Homecare melalui Pendekatan Family Center Nursing pada Perawat di Puskesmas Kabupaten Cianjur https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/lentera/article/view/2531 <p style="margin: 0cm; margin-bottom: .0001pt; text-align: justify; text-justify: inter-ideograph;"><span style="font-size: 11.0pt; color: black;">Pada pelayanan homecare di tingkat puskesmas, perawat perkesmas memegang peran penting dalam pemberian asuhan keperawatan keluarga di dalamnya. Jumlah kunjungan pasien yang banyak disertai durasi jam operasional puskesmas yang tidak sebanding dengan jumlah perawat yang bertugas menjadi penyebab rendahnya cakupan intervensi berupa asuhan keperawatan keperawatan keluarga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan perawat puskesmas di Cianjur dalam memberikan pelayanan kunjungan rumah berupa homecare berbasis <em>Family Center Nursing</em> (FCN) sebagai bagian dari pelayanan luar gedung puskesmas sehingga kemandirian kesehatan masyarakat Cianjur dapat terwujud. Metode penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini yaitu one group pretest-posttest design. Partisipan dipilih dengan metode purposive sampling pada perawat di Kabupaten Cianjur dengan kriteria inklusi yang telah ditetapkan. Jumlah partisipan adalah 91 orang. Partisipan mengalami peningkatan pengetahuan signifikan terhadap pelayanan homecare berbasis FCN (<em>pvalue</em> 0,000) dengan rata-rata peningkatan pengetahuan sebesar 3,1 poin. Peningkatan pengetahuan partisipan menunjukkan bahwa edukasi pelayanan homecare dengan pendekatan FCN merupakan pilihan efektif sebagai upaya mencapai kemandirian kesehatan keluarga di puskesmas Kabupaten Cianjur. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi pengembangan asuhan keperawatan ke keluarga berupa homecare dengan pendekatan FCN di puskesmas.&nbsp;</span></p> ummi malikal, Sifa Fauziah, Febby Pebriati Copyright (c) 2024 Lentera : Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Keperawatan https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/lentera/article/view/2531 Sun, 10 Mar 2024 00:00:00 +0700 Telemidicine Untuk Pelayanan Kepada Keluarga https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/lentera/article/view/2525 <p><strong><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Pendahuluan</span></span></strong><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> Telemedicine adalah penggunaan teknologi komunikasi dan informasi untuk memberikan bantuan medis dengan jarak jauh ketika jarak menjadi kendala bagi konsultan. </span><span style="vertical-align: inherit;">Telemedicine sangatlah penting bagi keluarga karena dengan adanya telemedicine dapat memudahkan keluarga untuk melakukan pelayanan kesehatan dalam jarak jauh. </span><span style="vertical-align: inherit;">Dengan adanya telemedicine keluarga bisa memanfaatkan teknologi digital untuk mempermudah proses pengobatan melalui pesan atau telepon. </span></span><strong><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Tujuan</span></span></strong><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> riview literatur ini untuk mengetahui bagai mana manfaat teknologi informasi dibidang kesehatan yaitu telemedicine untuk pelayanan keluarga. </span></span><strong><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Metode</span></span></strong><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> ini menggunakan metode tinjauan pustaka yang diperoleh berdasarkan penelusuran kepustakaan yang dilaksanakan dengan cara membaca berbagai jurnal, buku, dan artikel lain yang berkaitan dengan pokok pembahasan dengan jumlah artikel yang diriview sebanyak 10. </span></span><strong><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">H </span></span></strong><strong><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">asil</span></span></strong><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> literatur riview menyimpulkan bahwa telemedicine adalah pilihan lain dari pelayanan Kesehatan yang mudah dan praktis untuk keluarga karena tidak harus datang ke tempat pelayanan dan hadir secara fisik.</span></span></p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> Febby Pebrianti, risma rubianti, Dila Nur Isnaeni R, Obar Obar Copyright (c) 2024 Lentera : Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Keperawatan https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/lentera/article/view/2525 Sun, 10 Mar 2024 00:00:00 +0700