GAMBARAN TINGKAT STRESS DAN STRESSOR PADA MAHASISWA KESEHATAN TAHUN PERTAMA DALAM PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19: SEBUAH NARRATIVE REVIEW
DOI:
https://doi.org/10.37150/jl.v6i1.1876Keywords:
Covid-19, Mahasiswa Kesehatan, Tahun Pertama, Pembelajaran Daring, Stres, StressorAbstract
Adanya pandemi Covid-19 membuat sebagian besar mahasiswa melakukan aktivitas di rumah dan melakukan pembelajaran secara daring. Mahasiswa pada tingkat pertama, merupakan kelompok khusus yang sedang dalam masa transisi paling signifikan. Hal tersebut ternyata bisa memicu adanya stres yang diakibatkan oleh berbagai stressor. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana gambaran tingkat stres dan stressor pada mahasiswa jurusan kesehatan tahun pertama dalam pembelajaran daring selama pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam penulisan adalah studi narrative review dengan pencarian data menggunakan tiga database yakni PubMed, Cinahl dan Sciencedirect pada kurun waktu publikasi dari tahun 2020 sampai 2021. Kata kunci yang digunakan yaitu nursing students, medical students, covid-19, stress levels, dan stressors. Hasil penelitian ini meliputi tujuh artikel yang direview yang keseluruhannya merupakan cross-sectional study. Dari hasil review didapatkan bahwa tingkat stres mahasiswa tahun pertama dalam pembelajaran daring selama pandemic Covid-19 berada pada tingkatan sedang dan jenis stressornya yakni stressor akademik. Tingginya tingkat stres yang dialami mahasiswa tahun pertama disebabkan karena berubahnya cara pembelajaran yang mengakibatkan penundaan pada beberapa kegiatan akademik dan pembelajaran dilakukan secara online. Munculnya perubahan ini membuat mahasiswa dituntut untuk segera menyesuaikan diri, sehingga menciptakan suatu beban studi yang justru akan memicu peningkatan stres pada individu. Pada penelitian selanjutnya diharapkan untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai gambaran umum bagaimana cara mahasiswa dalam menghadapi stress serta efektifitas dari cara penanganan tertentu (coping stress) terhadap tingkat stres pada mahasiswa.