STRATEGI PRODUK TENGTENG BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM UPAYA MENGEMBANGKAN PEMASARAN UMKM SARI PUTRA DESASUKAMANAH

Authors

  • Prasetyo Harsanto Universitas Putra Indonesia
  • Dandi Bahtiar Universitas Putra Indonesia Cianjur
  • Dila Marwah Nurapipah Universitas Putra Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37150/jimat.v4i2.1824

Keywords:

Product Strategy, Local Wisdom, MSMEs, Marketing

Abstract

This study aims to analyze the Tengteng product strategy to develop the marketing of Sari Putra SMEs in Sukamanah Village. The population in this study is Sari Putra SMEs, while the sample is the owners, employees, and consumers of Sari Putra SMEs, where there is one key informant and fifteen supporting informants. The data collection technique used a triangulation technique which consisted of observation, interview, and documentation with primary data and secondary data as the source of research data. Data analysis in this study uses the Fishbone Diagram Analysis model with assessment, data presentation from interviews with key informants and supporting informants, and then leveraging data and conclusions. The results showed that: (1) Tengteng product strategy based on local wisdom to develop marketing on product identity brands by 75% and brand rights by 31%, packaging attractiveness by 50%, innovation in product quality by 100%, product variants by 75% and design 69% products, 62% on product information labels and 100% halal certification. (2) the factors that hinder Tengteng's product strategy to develop marketing are 31% brand rights and 50% attractiveness of packaging. (3) innovations made by Sari Putra SMEs on local wisdom Tengteng products which consist of local materials, production, and marketing processes. (4) implementation of product strategies that are still simple using local marketing, production processes without machines, and lack of Human Resources in each part of production management does not yet have rights to Tengteng products because it is influenced by the marketing system of Tengteng products.

References

Ahmad Saebani, B. (2015). Filsafat Ilmu dan Metode Penelitian (1st ed.). Bandung: CV Pustaka Setia.

Abidin, Y.Z & Saebani, B. A. 2013. Pengantar Sistem Sosial Budaya di Indonesia. Yogyakarta: CV. Pustaka Setia.

Alhalim, R. 2015. Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Tujuan Penjualan Pada PT. Danbi Internasional di Kabupaten Garut. Program Studi Administrasi Bisnis. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Pasundan.

Anggraini, Dian. 2018. Penerapan Strategi Pemasaran Guna Meningkatkan Produk-Produk Dan Jasa Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada Kspps Bmt Adzkiya Khidmatul Ummah Metro. Program Studi Perbankan Syiariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam. Uin Raden Intan Lampung.

Apriyani, D. 2017. Peranan Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk Pakaian Muslim Di Butik Latifah Way Halim Bandar Lampung. Undergraduate Thesis, Uin Raden Intan Lampung.

Ariescy R. R, Alfiandi Imam Mawardi, Endang Sholihatin, dan Invony Dwi Aprilisanda. 2021. Inovasi Pemasaran Produk Umkm Dalam Meningkatkan Daya Saing. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen. Vol. 6, No. 1, 2021 Februari: 418-432. https://doi.org/10.24815/jimen.v6i2.17276.

Bahtiar, Dandi, Rianti, 2021, ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PELATIHAN TENTANG KEWIRAUSAHAAN KEPADA PELAKU USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DI PUSAT LAYANAN USAHA TERPADU KOPERASI USAHA MIKRO KECIL MENENGAH KABUPATEN CIANJUR, Jurnal Ilmu Manajemen Retail Universitas Muhammadiyah Sukabumi 2 (1), 1-6

Bahtiar, Dandi, 2022, ANALISIS KINERJA PERUSAHAAN DAN NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN PERKEBUNAN KELAPA SAWIT DAN HUBUNGANNYA DENGAN KENAIKAN HARGA MINYAK GORENG (STUDI KASUS PERUSAHAAN PERKEBUNAN KELAPA SAWIT YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA), AGROSCIENCE 12 (1), 32-49.

Gusti Ayu Athina Wulandari dan Anak Agung Gede Agung Parameswara. 2020. Problematika Umkm Berbasis Budaya Lokal Di Bali (Studi Kasus Pemasaran Produk Umkm Berbasis Budaya Lokal Di Pesta Kesenian Bali). Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol. 6, No.2, 2019, 101-120 DOI: 10.35590/jeb.v6i2.1263.

Irawan, F. B. 2020. Menyingkap Kualitas Pelayanan Pada Toko Kelontong Aulia Anugerah Pati. Fakultas Ekonomi. Universitas Semarang.

Kasmawati. 2014. Strategi Pemasaran Makaroni Kacang Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Usaha Kelompok Mawar Merah Di Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara. Program Studi Ekonomi Syariah. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam. Institut Agama Islam Negeri (Iain) Palopo.

Kotler, Philip. 2004. Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan dan Pengendalian, Jakarta: LPFE-UI.

Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi tiga belas Bahasa Indonesia.Jilid 1 dan 2.Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip. 2010. Manajemen Pemasaran. Edisi tiga belas Bahasa Indonesia.Jilid 1 dan 2.Jakarta : Erlangga.

Mulyanti, D. Yani Restiani Widjaja dan Heni Rohaeni. 2020. Keterkaitan Budaya dan Strategi Pemasaran Pada UMKM. Jurnal Altasia. Vol. 2, No. 2. DOI:10.37253/altasia.v2i2

Marlina, Bahtiar, Dandi, 2022, Seberapa Efisien Penggunaan Aplikasi E-Commerce dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian: Studi Kasus Pada Aplikasi Klik Indomaret, Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management, 5 (3), 577-593.

Pauzi, M.Z. 2019. Pengaruh Lokasi Usaha Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Sentra Keripik Singkong Pedas Cimahi. Program Studi Manajemen. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Komputer Indonesia.

Purnomo, Daniel Christian. 2018. Pengaruh Brand Image Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Distro Hyb Supply. Program Studi Manajemen. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. Universitas Pasundan Bandung.

Sarhindi, Sulaeman, Bahtiar, Dandi, Teguh, 2021, Panduan Karya Tulis Ilmiah 2021, FE UNPI Press : Cianjur.

Sriwindarti. 2020. Pengaruh Persepsi Kualitas Pelayanan, Brand Image, Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Transportasi Online Grabbike Di Ponorogo. Program Studi Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Tanjung, G. 2020. Pengaruh Youtube Beauty Vlogger Terhadap Minat Beli Konsumen dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Produk (Studi pada viewers Youtube Wardah channel Suhay Salim). Program Studi Manajemen. Fakultas Ekonomi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia.

Totok Sudianto dan Rismansyah. 2017. Analisis Strategi Produk Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Pt. HTI Bumi Persada Banyuasin. Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol 13, No 4 (2017). http://dx.doi.org/10.31851/jmwe.v13i4.2707.

Teguh, Bahtiar, Dandi, 2021, THE EFFECT OF ACCOUNTABILITY OF RURAL FUND MANAGEMENT AND INTERNAL CONTROL TO PREVENT CORRUPTION IN VILLAGES OF BOJONGPICUNG DISTRICT-CIANJUR, JBTI: Jurnal Bisnis: Teori dan Implementasi 12 (2), 129-139

Waskurba. 2020. Analisis Konsep Kearifan Lokal Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat (Studi Kasus Pada Pasar Senin Kamis Kecamatan Montong Gading Kabupaten Lombok Timur). Program Studi Administrasi Publik. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik. Universitas Muhammadiyah Mataram.

William dan Tiurniari Purba. 2020. Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Mazda Di Kota Batam. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Vol 8, No 1, 1987–1996. Https://Doi.Org/10.35794/Emba.V8i1.28051.

Wirana, H. 2020. Pengaruh Inovasi dan Kreativitas Terhadap berhasilan Usaha Pada UMKM Kuliner di Kecamatan Baturaja Timut Kabupaten Ogan Komering Ulu. Jurnal Manajemen, 7(4), 16–40. Retrieved from https://jurnal.unpal.ac.id/index.php/jm/article/view/327.

Yogatama W, Heru Irianto dan Ernoiz Antriyandarti. 2020. Faktor-Faktor Yang Dipertimbangkan Dalam Pembelian Kopi Bubuk Instan di Kota Semarang. Jurnal Agribisnis. Vol. 22 No. 2 (2020). https://doi.org/10.31849/agr.v22i2.4829

Downloads

Published

2023-09-22
Abstract viewed = 111 times