ANALISIS EFEKTIFITAS CITRA MEREK, SELEBRITI ENDORSER DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK

(Studi Empiris Pada Produk Merek Garnier)

Authors

  • Anggun Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Jakarta
  • Ambardi Ambardi Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.37150/jimat.v4i1.1823

Keywords:

Brand Image, Celebrity Endorser, Price, Buying Decision

Abstract

Garnier Cosmetics is a leading brand with a wide range of products that can be used to meet the skin care needs of consumers. The purpose of this study is to find out the effect of brand image celebrity endorser and price on the purchase decision of Garnier brand cosmetics. The method of this study is to use a quantitative method. Distribute the questionnaire to a sample of 59 respondents which is a data collection technique using a survey technique. Data analysis using structural equation modeling. The results of this study is variable proved to have a positive and significant effect on the purchase decision. The results of each positive variabel value and r-squared value of 0,941 or 94,1% indicate that the purchase decision selection variable is declared significant.

References

Aditya Halim Perdana Kusuma Putra. (2018). Celebrity Endorser Pada Jejaring SosialInstagram Untuk Menarik Minat Pembelian Calon Konsumen. Jurnal Economic Resources, Vol.1 No.1/ ISSN : 2620 - 6196/ www.researchgate.net.

Amirudin dan Yuli. (2017). Analysis of The Influence Of Celebrity Endorser, Brand Image, and Trust on The Purchasing Decision of Garnier Products For Students at STIE Pelita Indonesia. Procuratio, Vol.5 No.4 e-ISSN 2580-3743.

Cucut et al. (2018). Perancangan E-Marketing Pada Usaha Kepiting Soka Fresh Kabupaten Pangkep. Proceeding Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi Informasi., Vol.1 No.1, 444-449.

Dessy, A. (2012). Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Ramai Swalayan Peterongan Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis. ejournal3.undip.ac.id.

Dwi, R. (2021). Pengaruh Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Kosmetik Garnier (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Sosial Sains UNPAB). Jurnal Kumpulan Karya Ilmiah Mahasiswa Fakultas Sosial Sains., Vol.2 No.2.

Febi, T. (2016). Manfaat Internet Sebagai Media Komunikasi Bagi Remaja Di Desa Air Mangga Kecamatan Laiwui Kabupaten Halmahera Selatan. e-journal :Acta Diurna", Volume V. No.1. ejournal.unsrat.ac.id.

Febriani, N. (2021). Efektivitas Strategi Komunikasi Pemasaran Celebrity Endorsment di Instagram terhadap Generasi Z,. Jurnal Manajemen Komunikasi, 5 (2).

Gerry R, et al. (2021). Efektivitas Musrembang Dalam Perencanaan Pembangunan Infrastruktur di Desa Ambia Kecamatan Essang Selatan Kabupaten Talaud. Jurnal Governance, Volume 1 (2) ISSN: 2088-2815. ejournal.unsrat.ac.id.

Hendra, S. (2017). Metode Structural Equation Modelling Dalam Knowledge Management Terhadap Proses Organisasi. Bina Insani ICT Journal. Jakarta, Vol.5 No.1. ISSN: 2355-3421 (Print) ISSN: 2527-9777 (Online). ejournal-binainsani.ac.id.

Kodu, S. (2013). Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1 (3).

Lestari, N. A., Sudarma, A., & Antony, A. (2021). The Determinants of Dividend Policy (an Empirical Study on Manufacturing Companies Listed on the Indonesia Stock Exchange 2016-2019 Period). JBTI: Jurnal Bisnis: Teori Dan Implementasi, 12(1), 23-36.

Martono dan Sri. (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Batik Sendang Duwur Lamongan. Jurnal Ilmu Manajemen, Volume 2 Nomor 2. ejournal.unesa.ac.id.

Monica Nggilu et al. (2019). Pengaruh Viral Marketing, Celebrity Endorser, Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Pada Geprek Bensu Manado. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7 (3).

Nining, S. (2019). Pengaruh Iklan Televisi Dan Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli (Studi Pada Iklan Krim Pemutih Wajah Garnier di Purworejo). 1 No.4.

Ninda, F. (2019). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli: Studi Pada Produk Kecantikan. Journal IMAGE, Volume 8 Number 1/ Studi Manajemen STIE Indonesia Membangun, Bandung. web.archive.org, 37-44.

Shinta dan Mudiantono. (2016). Analisis Pengaruh Brand Ambassador, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Brand Image Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Face Care Garnier Di Kota Semarang). Diponegoro Journal Of Management, Volume 5 Nomor 2 ISSN (Online): 2337-3792, 1-12.

Sobar, A., Permadi, I., Alhidayatullah, A., & Fathussyaadah, E. (2023). Peningkatan kualitas produk dan layanan UMKM untuk meningkatkan daya saing. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(4), 3782-3793.

Q. Amrillah, A. Brawijaya (2016). Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Produk Wardah di Wilayah Bogor. Jurnal Syarikah P-ISSN 2442-4420 e-ISSN 2528-6935, Volume 2 Nomor 2, 296-311. ojs.unida.ac.id.

Widyatutir, S., & Said, M. (2017). Consumer consideration in purchase decision of SPECS sports shoes product through brand image, product design and price perception. International Journal of Supply Chain Management, 6 (4), 199-207.

Yohana & Ginanjar. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Garnier. Jurnal Sinar Manajemen, Vol.8 No.2.

Downloads

Published

2023-04-01
Abstract viewed = 540 times