Efisiensi, Pemasaran, Buncis Efisiensi Pemasaran Buncis di Kelompok Tani Nanggerang Desa Pulosari Kecamatan Kalapanunggal Kabupaten Sukabumi
DOI:
https://doi.org/10.37150/japp.v2i1.2579Keywords:
Efisiensi, Pemasaran, BuncisAbstract
Penelitian ini mencakup saluran pemasaran, margin pemasaran dan efisiensi pemasaran sayuran buncis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode purposive sampling. Yaitu metode dengan penentuan sampel yang didasarkan pada pertimbangan khusus yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan untuk menentukan jumlah sampel yang akan diteliti.Hasil penelitian menunjukkan Saluran pemasaran di Kelompok Tani Nanggerang Desa Pulosari Kecamatan Kalapanunggal terdapat 2 saluran pemasaran yaitu : Saluran pemasaran 1 yang terdiri dari Produsen ke Pedagang Pengecer ke konsumen, dan saluran pemasaran 2 yang terdiri dari Produsen ke Pedagang Pengumpul ke Pedagang Besar ke Pedagang dan terakhir ke Pengecer konsumen. Sedangkan Marjin pemasaran di Kelompok Tani Nanggerang Desa Pulosari Kecamatan Kalapanunggal yaitu saluran pemasaran I sebesar Rp.4.500 dan saluran pemasaran II sebesar Rp.6.500. Sedangkan Efisiensi saluran I sebesar 4,6% sedangkan saluran II mencapai 13,7 %, saluran pemasaran yang efisien yaitu saluran pemasaran yang mempunyai margin yang rendah dan Farmer's Share yang tinggi dibandingkan pemasaran yang lain untuk komoditas yang sama. Penelitian ini menunjukan bahwa saluran pemasaran I adalah saluran pemasaran yang efisen di daerah penelitian.