https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/JUT/issue/feed utile: Jurnal Kependidikan 2024-06-30T17:59:02+07:00 Wening Nugraheni jurnalutile@ummi.ac.id Open Journal Systems <p align="justify"><strong>utile: Jurnal Kependidikan </strong>(e-ISSN: <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1510731940">2599-1124</a> , p-ISSN: <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1433905529">2460-2086</a>) is a peer-reviewed journal published by Faculty of Teachers Training and Education, Muhammadiyah University of Sukabumi. Since its first issued in 2015, <strong>u</strong><strong>tile</strong> has been publishing scientific articles consistently research articles. <strong>u</strong><strong>tile</strong> publishes the new editions every June and December. <strong>u</strong><strong>tile</strong> is indexed by Sinta, <a href="https://scholar.google.com/citations?hl=id&amp;authuser=3&amp;user=kcQX6I8AAAAJ">Google Scholar</a>, <a href="https://garuda.kemdikbud.go.id/journal/view/17944">Garuda </a>(Garba Rujukan Digital)<a href="https://garuda.kemdikbud.go.id/journal/view/17944">,</a> <a href="https://search.crossref.org/?q=utile+%3A+Jurnal+Kependidikan&amp;from_ui=yes">Crossref</a>, <a href="https://app.dimensions.ai/discover/publication?search_mode=content&amp;and_facet_source_title=jour.1386003">Dimensions</a></p> https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/JUT/article/view/2660 Pengaruh APVABEL (Aplikasi Canva Pembelajaran) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII di SMPN 2 Cicurug 2024-06-24T08:48:59+07:00 Abduloh Yusup Yusup abdulohyusup77@gmail.com Isma Nastiti Maharani isma358@ummi.ac.id Dadan Rahmat dadanrahmat@ummi.ac.id <p><strong>Abstrak: </strong>&nbsp;Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh apvabel (aplikasi canva pembelajaran) dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di SMPN 2 Cicurug. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) Model John Elliott. Melalui 3 Siklus Mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan refleksi. Partisipan penelitian adalah siswa kelas VII-B yang berjumlah 29 siswa. Alat pengumpulan data menggunakan Tes dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukan nilai hasil belajar siswa pada kegiatan pra siklus memperoleh persentase rata-rata 31,03% dengan kategori rendah, pada siklus I memperoleh persentase rata-rata 37,93% dengan kategori rendah, kemudian pada siklus II memperoleh peresentase rata-rata 58,62% dengan kategori sedang, dan dilanjutkan pada siklus III memperoleh peresentase rata-rata 79,31% dengan kategori baik. Data tersebut menunjukan bahwa pengaruh penggunaan media Aplikasi Canva dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas VII di SMPN 2 Cicurug tahun ajaran 2023/2024</p> <p><strong>Kata Kunci : </strong>Media Aplikasi Canva, Hasil Belajar TIK, Sekolah Menengah Pertama</p> 2024-06-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 utile: Jurnal Kependidikan https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/JUT/article/view/2841 Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Muhammadiyah melalui Media Cerita Bergambar bagi Siswa di Amal Usaha Muhammadiyah Sukabumi 2024-06-28T11:01:45+07:00 Arsyi Rizqia Amalia arsyirizqiaamalia@ummi.ac.id Aulia Nurazizah aulianrzhxx123@gmail.com Gina Nur Amalia nuramaliag@gmail.com Muhammad Thariq A thariq@ummi.ac.id Salma Azkiya Ainurruhama skylapark7@gmail.com <p>Penelitian Penelitian ini dilatar belakangi kurang minatnya siswa dalam pembelajaran sejarah serta media pembelajaran yang kurang mendukung dalam proses pembelajaran sejarah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran yaitu cerita bergambar sejarah muhammmadiyah dengan tokoh Hizwa dan Taci. Media tersebut diharapkan memudahkan siswa dan membuat tertatik dalam belajar sejarah Muhammadiyah. Metode dalam penelitian ini adalah R&amp;D (Research and Development). Model pengembangan dalam penelitian ini Model penelitian RnD meliputi 10 tahapan. Metode penelitian dan pengembangan atau dalam bahasa inggrisnya Research and Development adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektivitasan produk. Subjek penelitian ini yaitu SD ‘Aisyiyah Kota Sukabumi, SD Muhamamdiyah Sukaraja dan MI Muhamamdiyah 1 Lebaksiuh. Kelayakan dan kepraktisan produk ini diuji oleh ahli materi dari tokoh Muhamamdiyah dan ‘Aisyiyah dan ahli media pembelajaran sejarah, guru mata pelajaran kemuhammadiyahan dan peserta didik dengan mengguakan angket.</p> 2024-06-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 utile: Jurnal Kependidikan https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/JUT/article/view/2314 Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kegiatan Melukis dengan Jari 2023-11-23T15:14:42+07:00 Deti Kurnia ummidetikurnia@gmail.com Indra Zultiar indrazultiar@ummi.ac.id Elnawati Elnawati elnawati@ummi.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran serta hasil pembelajaran dalam meningkatakan kemampuan motorik halus anak melalui melukis dengan jari di SPS Melati V11 Kalapa Satangkal Kecamatan Ciracap. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas adalah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri melalui refleksi diri dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sehingga hasil belajar siswa meningkat. Partisipan dalam penelitan ini yaitu siswa PAUD Kelas B Melati VII Kalapa Satangkal circap sukabumi tahun pelajaran 2023/2024 berjumlah 19 orang, terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Subjek penelitian ini dilaksanakan berdasarkan penemuan permasalahan yang ada, adapun permasalahan pada penelitian ini yaitu mengenai perkembangan motorik halus, Alat pengumpulan data menggunakan tes dan lembar observasi. Melihat dari hasil eksplorasi dan percakapan yang telah dilakukan, maka cenderung diduga bahwa latihan finger painting dapat menghasilkan gerakan yang terkoordinasi dengan baik pada anak dan juga dari hasil analisis data kuantitatif menunjukan bahwa dari pertemuan utama pada siklus I ke pertemuan selanjutnya dan pada siklus II umumnya terjadi peningkatan, dengan skor tertinggi 34 (77%) pada siswa kelompok B SPS Melati VII Kalapa Satangkal.</p> 2024-06-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 utile: Jurnal Kependidikan https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/JUT/article/view/2385 Customer Focus Berbasis Total Quality Management (TQM) di SMA Muhammadiyah 1 Taman 2024-06-24T10:00:17+07:00 Diki Darmawan diki.22041@mhs.unesa.ac.id Ruben Diaz Prasietyawan ruben.22098@mhs.unesa.ac.id Mufarrihul Hazin mufarrihulhazin@unesa.ac.id Murtadlo Murtadlo murtadlo@unesa.ac.id Agustin Hanivia Cindy agustincindy@unesa.ac.id <p><em>In the world of education, Total Quality Management (TQM) is the main weapon in improving the overall quality of education. One of the principles of Total Quality Management (TQM) is customer satisfaction. Customer satisfaction is the most important priority in an organization, so organizations must focus on customers. The purpose of this research is to find out how SMA Muhammadiyah 1 Taman satisfies customers. This research uses a qualitative approach with data collection methods using interviews with the director of SMA Muhammadiyah 1 Taman. Based on the results of research that has been carried out, SMA Muhammadiyah 1 Taman has a very good way of implementing Total Quality Management (TQM) based on customer satisfaction. This is proven by the fact that SMA Muhammadiyah 1 Taman really minimizes free hours in subjects. SMA Muhammadiyah 1 Taman also facilitates students to study outside of class hours with their teaching staff in preparation for taking part in Olympics or competitions. In cultivating discipline, teaching staff and educational staff display behavior that shows a disciplined attitude towards time. When accepting new students (PPDB) at the initial stage, accepted students will be given a psychological test first. This is aimed at understanding the needs of students. Apart from that, SMA Muhammadiyah 1 Taman public relations always conveys information quickly when there is new news, policies and regulations.</em></p> 2024-06-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 utile: Jurnal Kependidikan https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/JUT/article/view/2117 Analisis Kontrastif Kelas Kata Verba Bahasa Indonesia dan Melayu pada Kamus Bahasa Indonesia dan Bahasa Melayu 2024-06-24T08:56:19+07:00 Fadlee Binya fadleebinya10917@gmail.com <p><em>Comparative analysis is a branch of linguistics that compares two or more languages ​​to find similarities or differences in form and meaning. Indonesian and Malay have differences and similarities in form or meaning. Furthermore, the aims of this research are, 1) to describe the formation of verb word classes in Indonesian and Malay dictionaries; 2) Describe the similarities and differences of verb classes in Indonesian and Malay dictionaries. Contrastive analysis research uses a qualitative descriptive method. Data collection techniques in this study were carried out through observation, comparative analysis of class statements and documents. Data analysis techniques involve collecting all data, classifying and analyzing the results. The results of the analysis carried out by the author focus on the class of verbs in the Indonesian and Malay dictionaries by comparing their similarities, differences and similarities.</em></p> <p><strong><em>Keywords: </em></strong><em>Analysis of contrasts, verb class, dictionary, meaning, and form</em></p> 2024-06-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 utile: Jurnal Kependidikan https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/JUT/article/view/2824 Keefektifan Penggunaan Model Pembelajaran Examples Non Examples dalam Pembelajaran Menulis Cerpen pada Siswa Kelas X Man 2 Kota Sukabumi 2024-06-27T10:48:20+07:00 Risma Amaliah rismaamaliah17082000@gmail.com David Setiadi david156@ummi.ac.id Tanti Agustiani agustianitanti@ummi.ac.id <p>Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan model pembelajaran <em>Example Non Example</em> dalam pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas X MAN 2 Kota Sukabumi. Subjek pada penelitian ini terdiri dari satu kelas saja yaitu kelas X 11. Intrumen yang digunakan di dalam penelitian ini terdiri dari tes, lembar observasi dan dokumentasi. Penelitian ini berupa penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen. Berdasarkan hasil observasi awal dan melihat hasil <em>pretes</em>, dapat diketahui bahwa kemampuan menulis cerpen siswa MAN 2 Kota Sukabumi tidaklah bagus dan masuk pada kategori rendah. Setelah diberikan <em>treatment</em> berupa model pembelajaran <em>Example Non Example</em> dan melakukan <em>postes </em>dapat terlihat adanya peningkatan nilai pada hasil <em>postes</em> siswa kelas X 11. Berdasarkan hasil uji signifikasi, kemampuan siswa dalam menulis cerpen mengalami peningkatan. Dapat dilihat perbedaan antara nilai <em>pretes</em> dan nilai <em>postes</em>. Nilai rata-rata pada <em>postes </em>83.52 sedangkan nilai <em>pretes</em> 61.35. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji-t dengan diketahui thitung 12.18 lebih besar dari ttabel&nbsp; 2.032. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa H0 ditolak karena thitung &gt; ttabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran <em>Example Non Example</em> efektif digunakan dalam pembelajaran menulis cerpen siswa kelas X MAN 2 Kota Sukabumi.</p> 2024-06-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 utile: Jurnal Kependidikan