IbM SMART E-COMMERCE UMKM REOG PONOROGO

  • Fauzan Masykur Prodi Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Dyah Antarukmi Prodi Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Erna Risfaula Prodi Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Ponorogo
Keywords: handicraft reog, pemasaran online, Smart E-Commerce, UMKM

Abstract

ABSTRAK

 Ponorogo merupakan kota yang terkenal akan kebudayaan reog. UMKM handicraft reog di Kabupaten Ponorogo yang menjual beraneka ragam kerajinan reog khas Ponorogo yang masih menggunakan cara konvensioal dalam memasarkan produknya. Hal tersebut menyebabkan produk dari para UMKM kurang dikenal di lingkup Nasional maupun Internasional. Hal ini juga berdampak pada omset penjualan handicraft reog yang bisa dikatakan dalam siklus penjualan musiman. Smart E-Commerce merupakan cara pemasaran secara online berbasis web. Dengan memanfaatkan Smart E-Commerce pemasaran yang dilakukan oleh para UMKM handicraft reog dapat lebih efektif dan efisien dengan didukung jejaring online yang menjangkau pemasaran secara global. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa produk teknologi informasi yang dapat dimanfaatkan dalam pengelolaan usaha kecil, baik dari sisi kepentingan pelaku usaha maupun pihak terkait dalam pemberdayaan usaha kecil, dalam bentuk portal Smart E-Commerce yang dikelola oleh instansi pemerintah dan pihak asosiasi usaha kecil di wilayah kota Ponorogo.

Published
2017-10-11