PELATIHAN OLAHRAGA BOLATANGAN BAGI ANAK-ANAK USIA SEKOLAH DASAR KECAMATAN KADUDAMPIT KABUPATEN SUKABUMI

  • Agung Widodo Prodi Jasmani Kesehatan dan rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Keywords: Olahraga, Bolatangan, Siswa, Sekolah Dasar

Abstract

ABSTRAK

      Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Seni Budaya dan Olahraga yang diselenggarakan Universitas Muhammadiyah Sukabumi salah satunya memperkenalkan olahraga bolatangan ini sebagai bagian memasyarakatkan jenis olahraga ini di kalangan pelajar. Lokasi kegiatan di sekolah-sekolah tingkat dasar milik persyarikatan Muhammadiyah di Kecamatan Kadudampit. Tahapan pelaksanaan kegiatan bersama halayak sasaran terbagi atas ; tahap pengenalan permainan, tahap latihan, dan tahap eksebisi.

      Tahap pengenalan dilakukan secara teori dengan mengenalkan cara dan aturan permainan bolatangan melalui video pertandingan bolatangan dan penjelasan peraturan bolatangan. Tahap latihan dilakukan praktek untuk melatih teknik  keterampilan serta taktik dalam permainan bolatangan. Tahap eksebisi berupa praktek eksebisi pertandingan bolatangan yang diikuti oleh 6 tim perwakilan dari 5 sekolah. Hasil kegiatan ini adalah siswa sekolah yang menjadi sasaran utama mengenal permainan bolatangan dan dapat memainkannya sampai ke tingkat eksebisi. Dampak positif lainnya bagi siswa adalah olahraga bolatangan sebagai wahana dalam mengembangkan keterampilan psikomotorik anak sekaligus menanamkan nilai-nilai sikap sportivitas, disiplin, tanggungjawab dan kemampuan bekerjasama  dalam  sebuah tim.

Published
2017-10-11