IbM MASTER MENDAMPINGI GURU DI WILAYAH TERDEPAN, TERLUAR, DAN TERTINGGAL PROPINSI KALIMATAN UTARA (2MG3T-KALTARA)

Authors

  • Jero Budi Darmayasa FKIP Universitas Borneo Tarakan
  • Winarno - FKIP Universitas Borneo Tarakan
  • Woro Kusmaryani FKIP Universitas Borneo Tarakan

DOI:

https://doi.org/10.37150/jsu.v2i1.53

Keywords:

Daerah 3T, Pembelajaran, Wawasan, Motivasi, Lesson Studi

Abstract

ABSTRAK
IbM Master Mendampingi Guru di Wilayah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal Kalimantan Utara (2MG3TKaltara ini bertujuan untuk: 1) Melatih guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran berbasis
kontekstual; 2) Membantu keterbatasan siswa dalam hal sarana pembelajaran yaitu dengan membagikan alat
tulis, alat olahraga (bola Voli, Bola Kaki, Raket, Bola Bulutangkis); 3) Memperkaya wawasan guru tentang
kebijakan pendidikan saat ini; dan 4) Menciptakan keakraban dan kesadaran guru dan menambah wawasan
siswa kelas XII terhadap peluang melanjutkan di Perguruan Tinggi; dan 5) Memotivasi orang tua siswa untuk
memberikan kesempatan dan dukungan bagi putra-putrinya untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih
tinggi. Mitra IbM ini adalah UPTD dan sekolah yang berada di Wilayah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal yaitu
UPT Disdik Krayan. Pelaksanaan pengabdian ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas layanan
pendidikan di wilayah 3T, dikuasainya metode pembelajaran berbasis Lesson Study oleh guru, dan dihasilkan
luaran berupa teknologi tepat guna berupa rubrik penskoran. Teknologi yang menjadi luaran dapat melatih
karakter siswa yaitu rasa bangga terhadap karya sendiri. Hal ini dibutuhkan mengingat Krayan merupakan
daerah yang lebih mudah akses ke Malaysia daripada ke Ibukota Kaltara. Disamping itu, pembagian alat
olahraga diharapkan dapat memotivasi siswa dan pemuda untuk melatih fisik dan jiwa sportif

References

DAFTAR PUSTAKA

Muljono, Pudji (2006). Standar Proses Pembelajaran. Buletin BNSP (Media Komunikasi dan Dialog Standar Pendidikan) Volume I, Nomor 2, Mei 2006.
Suyoso. (2013). Lesson Study Sebagai sarana Pengembangan Profesi Guru. Makalah. Disajikan pada Seminar Lesson Study guru-guru SMP N 2 Berbah.

Published

2017-10-10
Abstract viewed = 448 times