UPAYA PENINGKATAN USAHA MASYARAKAT MELALUI PENGURUSAN PERIZINAN USAHA DAN MEREK

  • Larisa Yohanna Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Dwi Rorin M Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Endang Sondari Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
Keywords: Penyuluhan, Perizinan Usaha, Pendaftaran Merek

Abstract

ABSTRAK
Kegiatan Penyuluhan Perizinan Usaha dan Merek ini dilaksanakan dengan tujuan sebagai berikut: 1)
memberikan pengetahuan dan menumbuhkan kesadaran mengenai pentingnya memiliki perizinan usaha; 2)
memberikan pemahaman bahwa mengurus perizinan usaha sangat mudah dan praktis; dan 3) memberikan
pemahaman tentang tata cara mengurus perizinan usaha dan pendaftaran merek. Hasil yang diperoleh
penyuluhan perizinan usaha dan merek disimpulkan berhasil karena persepsi peserta menganggap penting
kegiatan ini bahwa masyarakat sasaran memiliki pemahaman tentang perizinan usaha dan merek yang
meningkat sebesar 90% dari yang diharapkan. Sedangkan tingkat tertinggi persepsi terhadap pentingnya
memiliki izin usaha dan merek dilakukan demi citra dan kredibilitas usaha dan produk yang legal/formal
sebesar 89%

References

DAFTAR PUSTAKA
Gunawan, Adi W dan Setyono, Ariesandi. 2008. Becoming A Money Magnet. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran, jil. 1, cet.13, Jakarta: Erlangga.
Siswosoediro, Henry S. 2007. Panduan Praktis Mengurus Surat-surat Perizinan. Jakarta : Visimedia.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R& D. Bandung : Alfabeta.
Sukmadinata, N.S. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Herman. 2010. Kewirausahaan.www.zhu-herman5.blogspot.com, diakses pada 28 Februari 2015
http://www.pustakadunia.com/artikel-pustaka-umum/manfaat-memiliki-izin-usaha, diakses pada 28 Februari 2015.
http://www.hukumonline.com/pusatdata/detail/300/node/11/uu-no-15-tahun-2001-merek, diakses pada 5 Juli 2015
http://www.hukumonline.com/pusatdata/download/lt4f1840eae946a/node/538, diakses pada 17 Juli 2015
Published
2017-10-10