MENGEMBANGKAN POTENSI WIRAUSAHA SISWA SMK 2 MUHAMMADIYAH MELALUI PENGELOLAAN BUSINESS CENTER
DOI:
https://doi.org/10.37150/jsu.v1i1.5Keywords:
Business Centre, Pengembangan, Kewirausahaan, Management, Training, SMK MuhammadiyahAbstract
Makalah ini berisi tentang upaya mengembangkan potensi wirausaha siswa di SMK 2 Muhammadiyah Cibadak melalui pembentukan dan pengelolaan business center. Business Center yang dimaksud merupakan wadah praktik siswa dalam pemasaran. Program ini meliputi pembentukan Business Centre tahap awal ditandai dengan terbentuknya kantin, serta pengelolaannya dimulai dari pelatihan workshop IT, pelatihan pembuatan proposal anggaran, produksi dan pemasaran produk unggulan hasil karya siswa, serta pengelolaan kantin melalui pelatihan administrasi (pembukuan). Hasil yang diperoleh dalam kegiatan ini diantaranya: 1) terbentuknya jiwa wirausaha siswa yang terlihat melalui terciptanya produk unggulan sekolah yang dihasilkan, yaitu jamur crispy dan keripik singkong; 2) terlatihnya siswa dalam administrasi pembukuan kantin, dan 3) terkelolanya business center dengan baik.