Pelatihan Penggunaan Atraktan dan Yellow Trap untuk Pengendalian Hama Tanaman Pepaya Di Kelompok Tani Harapan Maju Banjarnegara

Authors

  • Eko Apriliyanto Politeknik Banjarnegara

DOI:

https://doi.org/10.37150/jsu.v5i2.2472

Keywords:

attractant, fruit fly, papaya, trap

Abstract

Salah satu usaha tani yang dikelola oleh anggota Kelompok Tani Harapan Maju Desa Sambong, Banjarnegara yaitu budidaya tanaman pepaya. Permasalahan pada budidaya tanaman pepaya salah satunya yaitu adanya serangan organisme pengganggu tanaman (OPT). OPT yang menyerang pepaya antara lain lalat buah, kutu kebul, antraknosa, dan lainnya. Kelompok Tani Harapan Maju belum pernah memperoleh keterampilan khusus penanganan lalat buah pada pepaya. Salah satu cara pengendalian hama lalat buah yaitu penggunaan atraktan. Kegiatan dilaksanakan dengan metode ceramah yang dilaksanakan di Aula Dusun Poncol, dilanjutkan dengan diskusi dan pemberian kuisioner pada peserta. Kegiatan akhir yaitu praktik penggunaan atraktan dan yellow trap di lahan tanaman pepaya Kelompok Tani Harapan Maju. Hasil kegiatan berupa peserta mengalami peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam penggunaan atraktan dan yellow trap pada tanaman pepaya. Hasil analisis korelasi antar peubah menunjukkan bahwa hubungan korelasi tingkat pendidikan dengan umur yaitu 0,8338. Hubungan korelasi tingkat pendidikan dengan nilai test yaitu -0,0783. Hubungan korelasi umur dengan nilai test yaitu -0,1922. Hubungan korelasi tingkat pendidikan dan umur dengan nilai test yaitu -0,1075.

References

Apriliyanto, E., & Suhastyo, A. A. (2020). Penggunaan atraktan metil eugenol dan ekstrak cabai untuk pemantauan lalat buah. Pembangunan Pertanian Berkelanjutan Dalam Perspektif Teknologi, Sosial, Dan Ekonomi, 61–68.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Banjarnegara. (2021). Kecamatan Punggelan Dalam Angka 2021. BPS Kabupaten Banjarnegara.

César, O., & Ríos-rodas, R. (2023). Aphid diversity and population fluctuation of vector species of the ringspot virus in papaya ( Carica papaya L .). 11–19.

Firmanto, Sataral, M., & Lamandas, F. H. (2021). Efktifitas Berbagai Jenis Atraktan Terhadap Populasi dan Intensits Serangan Lalat Buah (Bactrocera spp) Pada Tanaman Tomat. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Pertanian, 1(1), 21–26.

Luthfiah, A., Mukson, & Setiadi, A. (2017). Analisis Efisiensi Ekonomi Penggunaan Faktor-faktor Produksi Pada Usahatani Ketela Pohon Di Kecamatan Tlogowungu Kabupaten Pati. AGRISOCIONOMICS Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 1(2), 146–154.

Yusmaizah, Sahputra, H., & Lizmah, S. F. (2022). Pengaruh Perangkap Sintetis Metil Eugenol Untuk Mengendalikan Hama Lalat Buah Bactrocera Spp. Pada Tanaman Jeruk Pamelo Effect of Methyl Eugenol Synthetic Traps to Control Fruit Fly Pests Bactrocera Spp. On Pamelo Orange Plant. Jurnal Pertanian Agros, 24(1), 243–252.

Downloads

Published

2023-12-24
Abstract viewed = 128 times