Pelatihan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Pada Anak Komunitas Teras Depan Rumah Melalui Role-Play Project Learning

Authors

  • Nathania Luvena Lais Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.37150/jsu.v5i1.2039

Keywords:

kerja sama, Komunikasi interpersonal, Komunitas teras depan rumah, Role-play project planning

Abstract

Kemampuan komunikasi interpersonal penting dilatih sejak usia dini sebab bermanfaat untuk kebutuhan bersosialisasi dengan teman sebaya, orang tua atau guru, serta orang dengan usia yang lebih dewasa. Kemampuan komunikasi interpersonal juga dibutuhkan dalam kerja sama. Kemampuan komunikasi interpersonal dapat dikembangkan untuk usia dini dengan metode yang tepat. Role-play project-based learning dapat digunakan sebagai metode yang tepat dan menyenangkan untuk melatih kemampuan bekerja sama dan keterampilan komunikasi anak. Pengabdian ini menggunakan role-play project-based learning dengan memberikan kesempatan kepada anak-anak komunitas Teras Depan Rumah, Kabupaten Tangerang untuk bermain peran dalam sebuah kepanitiaan proyek acara Perayaan Hari Dongeng Nasional. Tahap pengabdian ini terbagi empat, yaitu (1) perancangan konsep pembelajaran proyek dan role-play, (2) pelatihan pra-acara proyek, (3) puncak acara/proyek, dan (4) evaluasi dan refleksi. Seluruh tahap dilaksanakan dalam rentang waktu 3 minggu. Hasil dari pengabdian masyarakat ini adalah anak-anak mendapatkan wawasan dan pengalaman langsung bekerja sama dan berkomunikasi dengan sesama teman serta pendidik dalam melaksanakan perannya masing-masing untuk keberhasilan proyek acara. Keterampilan berkomunikasi juga terbangun bersamaan dengan kepercayaan diri anak-anak yang meningkat sebab diberikan tanggung jawab melaksanakan perannya. Kemampuan bekerja sama dengan baik turut terbentuk selama proses pelatihan.

References

Aziz, A., et al. (2018). Pelatihan Komunikasi Interpersonal Untuk Meningkatkan Teamwork Karyawan Pada PT.X. Jurnal Psikoogi Islam Al-Qalb. 10(1),41-58.

Pratama, H. (2011) Pola Hubungan Komunikasi Interpersonal Antara Orang Tua dengan Anak Terhadap Motivasi Berprestasi Pada Anak. SKRIPSI. Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Lestari, T. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Kompetensi Dasar Menyajikan Contoh-contoh Ilustrasi dengan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Metode Pembelajaran Demonstrasi Bagi Siswa Kelas XI Multimedia SMK Muhammadiyah. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika. Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Milala, S., & Putri, M. (2022). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Anak dengan Bermain Peran Pada Anak Panti Asuhan Mercy Clement Indonesia. ABDISOSHUM, 1(2), 292-298.

Nurhayati. (2020). Komunikasi Interpersonal dalam Kegiatan Belajar Mengajar Antara Guru dan Murid Paud Joybe Banjarbaru. MUTAKALLIMIN: Jurnal Ilmu Komunikasi. 3(1), 23-27.

Pebrianti, M., Syaikhu, A., & Nadar, W. (2021). Peningkatan Kemampuan Kerjasama melalui Project Learning Display Class. SEMNARA STKIP KUSUMA NEGARA III, 23, 148-158

Downloads

Published

2023-05-31
Abstract viewed = 211 times