PkM Peran Pendidikan Islam di Era Digital

Komparasi Indonesia dan Kuwait

Authors

  • Kang Asror PPs Univ. Muhammadiyah Tangerang
  • Kang Asep PPs Univ. Muhammadiyah Tangerang
  • Pais PPs Univ. Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.37150/jsu.v5i1.1940

Keywords:

Pendidikan Kuwait

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan bekal, pemahaman, dan  pengalaman teoritis serta praktis kepada mahasiswa MPAI PPs UM Tangerang mengenai peran pendidikan Islam di era digital melalui perbandiangan pendidikan Indonesia dengan Kuwait. Terlaksananya Pengabdian Masyarakat internasional ini berkat adanya kerjasama yang baik antara PPs UM Tangerang dengan Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Kuwait dan alumni MPAI PPs UM Tangerang yang bekerja di Kedutaan Besar Indonesia di Kuwait. Magister Pendidikan Agama Islam mengajukan menjadi pembicara kepada Kedubes Indonesia di Kuwait di mana PCIM dan Alumni MPAI sebagai pihak yang menjadi fasilitatornya. Tema yang diangkat pada Pengabdian Kepada Masyarakat Internasional “Peran Pendidikan Islam di Era Digital: Studi Komparasi Indonesia dan Kuwait. Tema tersebut dilaksanakan mengingat pentingnya mahasiswa menetahui peran pendidikan Islam di era digital. Peran pendidikan Islam  tidak hanya di Indonesia tetapi dibandingkan dengan negara Kuwait. Berkat kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) pendidikan Islam tidak hanya berbicara di Indonesia saja, tetapi sudah mendunia, termasuk di negara Kuwait yang menjadi salah satu negara kaya di Timur Tengah. Mesti berbeda secara kultur, geografis, historis, suku, dan lain sebagainya, tetapi bisa duduk bersama via Zoom Meeting untuk saling berbagi mengenai peran pendidikan Islam di era digital. Pendidikan Islam di era digital penting dijelaskan dan dianalisis mengingat era digital banyak menimbulkan disruptif dalam berbagai sendi kehidupan, termasuk dalam dunia pendidikan. Masuknya pesan pesan yang tidak jelas ke dalam WAG masyarakat, mesti mendapatkan perhatian penuh dari pembaca, khsusnya mahasiswa MPAI PPs UM Tangerang. Jika tidak diperhatikan secara teliti apakah informasi itu sahih atau tidak, maka bukan tidak mungkin masyarakat digitial akan terbawa arus informasi yang tidak benar. Untuk mengcounter masalah tersebut, peran pendidikan Islam sangat lah vital sebagai pemberi rambu-rambu dalam hubungan antar sesama manusia di era digital.

Author Biographies

Kang Asror, PPs Univ. Muhammadiyah Tangerang

Dr. Asrori Mukhtarom, MA. MPAI PPs UMT. Jafung Lektor, menuju LK.

Kang Asep, PPs Univ. Muhammadiyah Tangerang

Dr. Asep Abdurrohman, MA. Jafung lektor, proses Lektor Kepala. Magister Pendidikan Agama PPs UMT.

Pais, PPs Univ. Muhammadiyah Tangerang

Dr. Ismail Marzuki, M.Pd. Magister Pendidikan Islam PPs UMT. Jafung Lektor.

References

Abuddin Nata. (2012). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: Grafindo

Asep Abdurrohman. (2021). Pemikiran Pendidikan Muhammad Tholhah Hasan. Serang: A-Empat.

Asrori Mukhtarom, dkk. (2022). Membangun Generasi Milenial Sadar Pendidikan di Era Society. Jurnal Mulia Amal Insani, Vol. 1. Nomor 2, September 2022, pp. 122-127 https://jurnal.amalinsani.org/index.php/mulia/article/view/129/145

Asrori Mukhtarom. (2023). Peran Pendidikan di Era Digital, perspektif kontemporer. Makalah Dipresentasikan pada Pengabdian kepada Masyarakat Internasional Indonesia dan Kuwait, Tanggal 28 Januari 2023.

Beasiswa Kuwait University, diakses 31 Januari 2023 dari https://kemlu.go.id/kuwaitcity/id/pages/beasiswa_kuwait_university/5287/etc-menu

Fiina Ismatul Maula, Peran Pendidikan Kuawit di Era Digital, Makalah Dipresentasikan pada Pengabdian kepada Masyarakat Internasional Indonesia dan Kuwait, Tanggal 28 Januari 2023.

https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/pentingnya-4c-untuk-menghadapi-abad-21

https://portal.ku.edu.kw/index.html

Ismail Marzuki, Peran Pendidikan di Era Digital, Makalah Dipresentasikan pada Pengabdian kepada Masyarakat Internasional Indonesia dan Kuwait, tanggal 28 Januari 2023.

Kemendikbud, Buku Panduan Merdeka Belajar, (Jakarta: Dirjen Pendidikan Kemendibud, 2020).

LP2M, Panduan Pengabdian kepada Masyarakat, (Tangerang: LP2M, 2020).

Downloads

Published

2023-05-04
Abstract viewed = 262 times